Mungkin karena beda pengalaman, beda pula apa yang dilihat. Sebagai orang
yang cukup lama berada di Cairo, apa yang ditampilkan oleh Bu Ely
ini--begitu saya biasa menyebutnya--adalah beberapa kelebihan yang memang
pada dasarnya umum dalam kehidupan sehari-hari di sini maupun di Saudi sana.
Itu adalah sesuatu yang sangat baik. Apalagi di Cairo, dari segi keamanan
memang cukup terjamin. Penulis artikel ini adalah seorang wanita dan beliau
merupakan wanita pertama dari Sumbar--menurut data yang saya dapatkan dari
teman-teman Sumbar--yang berhasil meraih gelar Doktor di universitas
al-Azhar dengan nilai yang sangat memuaskan. Beliau termasuk salah seorang
tokoh yang ikut serta mendirikan Wihdah, organisasi kaum perempuan Indonesia
di Mesir.

Sebagai seorang wanita dan hidup di negri yang jauh dari tanah air seperti
Cairo dan apalagi di Saudi, bisa dimaklumi kira-kira seperti apa kehidupan
yang bisa beliau lihat; kehidupan lahiriyah yang semuanya tampak sangat
bagus. Tidak terbayang di benak saya orang seperti beliau atau para wanita
Indonesia lainnya berjalan-jalan di malam-malam untuk mengetahui seberapa
jauh kehidupan Cairo atau kehidupan Jeddah yang sebenarnya. Memang maksud
beliau dalam tulisan ini bukan untuk menceritakan sepenuhnya bagaimana
kehidupan di tiga kota tersebut, tetapi hanya menyampaikan apa yang pernah
beliau temui dan mencoba mengambil nilai baik yang bisa untuk kita jadikan
pelajaran dalam kehidupan kita.

Sejujurnya, kehidupan di Cairo begitu juga di Jeddah, bahkan Makkah,
tidaklah semuanya indah-indah dan ideal-ideal seperti yang digambarkan. Di
Makkah, Jeddah, dan Madinah misalnya, meskipun saya hanya sebentar berada di
sana yaitu dalam rangka menunaikan ibadah haji, saya juga sudah menemukan
hal-hal yang sebenarnya sangat jauh dari kondisi ideal yang diharapkan. Saya
tidak bisa memperkirakan bagaimana seandaianya saja saya bisa tinggal di
sana dalam waktu yang lebih lama. Saya tahu di sana ada oknum-oknum yang
menjual diri dengan mengetuk-ngetuk pintu rumah, ada tempat-tempat yang
dijadikan club, tempat diskotik, dan berkumpulnya para muda-mudi yang
sedianya jauh dari pengawasan muthawi'. Bahkan dalam penilaian saya dengan
membandingkan dengan beberapa tempat lain yang pernah saya temui, justru
kenyataannya lebih parah dari bayangan kita selama ini.

Jika anda berkesampatan haji, cobalah berkenalan lebih dekat dengan beberapa
orang di sana--baik yang laki-laki atau perempuan-perempuan yang mengenakan
cadar itu--sehingga memungkinkan anda untuk masuk lebih jauh melihat
kehidupan mereka yang sebenarnya. Saya pernah berkenalan dengan beberapa
orang di antara mereka, tanpa saya melihat wajahnya saat kami berada di
luar. Namun saat saya diajak bertamu ke rumahnya, saya bahkan bisa melihat
dadanya--maaf. Belum lagi jika seandainya saya punya waktu banyak. Dalam
suatu kesempatan saya bertemu tanpa sengaja dengan salah seorang adik kelas
saya di pondok dulu. Ternyata selama ini dia tinggal di Makkah. Dari
pertemuan itu, saya juga mendapatkan banyak hal. Mulai dari cerita-cerita,
hingga ditunjukkan tempat-tempat yang tidak kalah parahnya dari club-club di
Jakarta. Bedanya hanya pada fisik bangunan belaka.

Belum lagi soal beberapa kebobrokan yang saksikan sendiri. Pernahkan anda
membayangkan jika Masjidil Haram yang sangat suci dan dikunjungi umat Islam
seluruh dunia setiap tahunnya itu, di sana kadang-kadang ada saja yang mampu
untuk meninggalkan kotorannya. Barangkali pelakunya terpaksa karena tidak
bisa keluar dari Masjid disebabkan tidak punya visa dan dikejar-kejar askar.
Ada pula yang menjadikannya tempat bersua, bak cinta di bawah lindungan
Ka'bah, barangkali. Cerita-cerita di Jeddah juga kurang lebih sama. Ada
sindikat-sindikat, komplotan-komplotan, grup-grup, dengan caranya sendiri
dan tempat-tempat tersendiri. Bu Ely barangkali minimal pernah mendengar
seandainya tidak terlalu sibuk dengan studi dan kesibukan beliau mengelola
TK di Jeddah. Beberapa cerita lain saya pikir sebagiannya sudah saya
ceritakan di milist ini dalam beberapa posting sebelumnya. Memang
bagaimanapun dan sistem apapun tidak semuanya akan otomatis menjadi indah.
Begitulah kehidupan manusia adanya.

Lain di Saudi tentu lain lagi di Cairo. Telalu banyak yang bisa diceritakan
di sini tentang kehidupannya. Intinya tidak semua seindah yang kita
bayangkan. Bu Ely mungkin sedang melihat kelompok-kelompok orang yang sedang
asik menikmati keindahan sungai Nil di sore hari. Laki-laki pada tempatnya
dan perempuan pada tempatnya. Andai saja berjalan sedikit ke arah yang lebih
gelap tentu ceritanya akan lain. Ini dari segi pergaulan muda-mudi. Bahkan
saya pernah menjumpai sepasang muda-mudi dengan asyiknya berciuman bibir di
tengah taman terbuka dan disaksikan banyak orang. Wow, mesra sekali
tampaknya hingga mereka tidak sadar beberapa orang Mesir yang malah mendekat
setengah berkerumun dan menjadikan mereka tontonan menarik. Ada salah
seorang laki-laki tua yang juga ikut serta menyaksikan dengan geleng-geleng
kepala. Setelah saya lewat kursi yang mereka gunakan, karena memang tempat
lewat, saya lihat mulut orang tua itu bergerak-gerak sepertinya menegur dan
tangannya sambil memberi isyarat. Tampaknya ia tak tahan karena kehadiran
kami yang sudah secara umum dipandang sebagai mahasiswa al-Azhar dan orang
asing pula.

Ada seorang kawan saya, apabila sedang pusing atau keletihan setelah tekanan
ujian, dia pergi ke suatu tempat di kawasan Atabah. Di sana dia menyewa
seorang perempuan dengan sebuah kamar khusus dalam bayaran tertentu.
Kerjanya cuman menonton show aja dengan meminta perempuan itu berbuat apa
saja. Namun dia cerita kepada saya, dia tidak sampai melakukan zina bahkan
ketika perempuan tersebut merayunya. Saya katakan, kenapa kalau pusing kamu
ngga nyebur ke sungai Nil aja. Dia tertawa terkekeh-kekeh. Mungkin faktor
usia juga yang membuatnya mengambil cara seperti itu. Biasa, perjaka telat
nikah. Saya sendiri, ya seringlah mendapat tawaran-tawaran "haga helwa"
macam itu. Hingga saya cukup mengerti modus operandi mereka, dari level
kacangan hingga level profesional.

Segi ukhuwah, benar ukhuwahnya sangat erat sekali. Namun jujur saja, mereka
lebih memuja Arab ketimbang Islam. Saya tidak mungkin bercerita sekarang
karena saya sadar hanya akan menumpahkan segala uneg-uneg dan perasaan
setelah tersimpan sekian tahun dan apalagi dalam waktu-waktu terakhir ini
tekanan yang terjadi terhadap kami begitu kuat. Saya pikir apakah karena
mereka merasa orang-orang yang sok beradab sehingga setiap kesalahan yang
terjadi di sekitar kami, pasti kepada kami lah semua itu tertuju. Lalu ada
saja dari mereka yang kemudian berlagak memaklumi dan saya yakin anda
mengerti bahwa sok memaklumi itu tidak lain bermakna bahwa kesalahan itu
memang benar dari kami dan karena kami orang yang tidak terlalu tau banyak
tentang Islam atau kurang beradab dengan segala adat istiadatnya, maka
mereka merasa maklum. Kemudian nasihat dan instruksi-instruksi pun
berterbangan dari mulut mereka.

Budaya malu mereka cukup tinggi. Jika suatu kali ada pengemis meminta-minta
kepada anda, maka orang Mesir yang ada di dekat anda akan memarah-marahinya.
Atau kalau pengemis itu meminta-minta kepada orang Mesir, dan anda berada di
dekat situ atau memperhatikannya, orang itu dengan sigap akan memberinya
seakan-akan dia begitu kasihan dengan pengemis dan dermawan. Hal-hal serupa
tidak hanya terjadi pada pengemis, antar teman atau antar orang yang tidak
dikenal pun di antara mereka akan seperti itu. Namun budaya malu ini
terdapat pengecualian; kencing di tembok. Sehingga ada anekdot di antara
kami, di Mesir ini tidak ada WC umum. Karena bagi orang Mesir itu, temboklah
WC umum mereka. Kalau kebelet, asal ada tembok aja, selesai. Jangan heran
kalau di pusat-pusat kota kadang-kadang anda akan mencium bau pesing yang
bisa bikin muntah. Sampai ada kawan saya yang berkomentar, wajar ya kalau di
hadis Nabi Saw. sampai ada peringatan segala dalam soal kencing. Memang
seperti ini Arab itu rupanya.

Makanya, bagi saya sesuatu yang ideal itu memang adalah tuntunan Tuhan yang
bersambut dengan kesadaran nurani kita sendiri. Dalam negara-negara muslim
yang mengklaim menjalankan syariat Islam dan salah satunya sebagai misal
mereka mewajibkan para perempuan berjilbab atau bercadar, maka kita pun
tidak heran lagi kalau menemukan para pelacur-pelacur bercadar (Maaf, ini
sama sekali tidak bermaksud mendeskreditkan wanita-wanita berjilbab dan
bercadar sebagaimana pilihan sadarnya, hanya "semata-mata fakta" yang pernah
dijumpai).

Demikian sebagian dari kisah-kisah di negri orang dalam bentuk yang jujur
dan apa adanya.

Wassalam
Aman
http://aman.kinana.or.id
*Selamat buat Mesir yang berhasil menjuarai Piala Afrika untuk kelima
kalinya setelah mengalahkan Pantai Gading dalam adu penalti.