satriyo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
apa anda rela ketika anda melihat ada orang yang
menggambar karikatur orang yang anda cintai (punya kan?) misal ortu
atau pasangan hidup atau bahkan tokoh yang anda
idolakan/puja/hormati/sanjung. lalu karikatur yang dimaksud ternyata
tidak hanya sekadar menggambarkan wujud fisik yang lumayan mirip
dengan aslinya, tapi ada muatan 'subjektif' si pelukis kartun yang
bagi anda ofensif/menghina.

____

Sat,
Ya saya rela idola saya digambar, dikartunkan, dikarikaturkan atau
diapa-apakan. Terserah sampeyan saja, mau positif atau negatif atau
netral juga silahkan saja. Saya cukup dewasa untuk menerima gambaran
itu.

Masalahnya adalah saya tidak mengidolakan (mengkultuskan atau
memberhalakan) siapapun. Jadi karena saya tidak punya berhala,
silakan saja gambarkan berhala itu sesuka yang bisa menggambarkan.

Saya tidak percaya ada manusia di bumi ini yang layak menerima
pengkultusan dari saya. Apalagi kalau orang itu sudah meninggal
dunia dan menjadi debu seperti manusia (atau juga binatang) pada
umumnya.

Meskipun kepercayaan kita tidak sama dan kita masih bisa co-exist,
kan?

Apa itu noteo? Sama halnya dengan apa itu satriyo? It doesn't make
any difference, ya nggak, ya nggak, ya nggak?

Salam,
Noteo