Halo Mbak Yasmina yang baik,

Benar, saya lebih suka mengunakan kaukasian, meskipun
saya juga belum yakin sekali apakah itu pengunaan yang
tepat. Mungkin sebatas saya masih cocok, karena
sebagian campuran darah kaukasian :-) Untuk orang
Eropa Barat atau Amerika Utara misalnya mungkin kurang
tepat. Kata “bule”, kalau tidak salah, berasal dari
bahasa Jawa dan artinya albino. Sedangkan albino
menyangkut manusia dan hewan yang kekurangan pigmen
dan itu tidak terbatas dalam golongan etnis tertentu.
Tanda optis lain seorang albino adalah warna rambut
yang cenderung putih dan mata yang kemerah-merahan.
http://en.wikipedia.org/wiki/Albinism

Warna kulit golongan kaukasian biasanya bersifat light
seperti juga golongan Asia yang berasal dari sebagian
China, India Utara, Jepang dan Korea misalnya. Warna
kulit yang light suka berubah menjadi coklat ketika
kena sinar matahari sesuai dosis, frekuensi waktu dan
jenis kulit. Dalam golongan kaukasian terdapat
beberapa jenis kulit dengan level pigmentasi yang
berbeda. Sebagian jenis kulit bisa cepat menjadi merah
ketika tiba-tiba kena dosis sinar matahari yang
terlalu tinggi. Sedangkan jenis kulit lain cepat
berubah menjadi coklat.
http://en.wikipedia.org/wiki/Skin_color

Kata “bule“ khususnya digunakan terhadap golongan
etnis yang berwarna kulit light dan berasal dari
daerah Australia, Amerika Utara dan Eropa. Tidak
digunakan terhadap orang Asia lain, meskipun terhadap
yang berkulit light juga.

Mungkin “bule” bukan hanya diasosiasikan dengan warna
kulit, tetapi “bule” atau “albinisme” juga berarti
kekurangan (lihat definisi di atas) dan perbedaan
(bentuk hidung, sifat).
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_words_meaning_outsider%2C_foreigner_or_%22not_one_of_us%22

Maka sebagian orang berkulit light suka tersinggung
apabila dipanggil “bule”. Misalnya “bule” dapat
diartikan seperti pengunaan “nigger” terhadap orang
berkulit hitam. Atau sebagian mereka tidak mau dicap
berdasarkan ciri optis dan diasosiakan dengan yang
lain, asing, dst., terlepas apakah dimaksud negatip
atau positip. Artikel di bawah ini bisa memberi lebih
banyak gambaran lagi :-)
http://www.expat.or.id/info/dontcallmebule.html

Ya mungkin karena pengunaan kata “bule“ masih menjadi
kontrovers dan golongan etnis / identitas bisa menjadi
sesuatu yang sensitif, saya coba menghindarinya.
Mungkin itu juga berkaitan dengan pengalaman saya,
karena waktu masih anak, saya di Afrika dan biasa main
dengan anak-anak berwarna kulit hitam. Dari situ serta
pengalaman-2 lain timpul simpati yang kuat terhadap
orang Afrika dan golongan lain pada umumnya. Terlepas
dari itu, saya sangat yakin kalau Mbak Yasmina
mengunakan kata “bule“, pasti dengan niat baik :-)
Lagipula, saya kan sebagiannya hidup di Indonesia dan
memahami bahwa pengunaan kata “bule“ lebih dimaksud
untuk mempermudah daripada melecehkan. Kalaupun
sekali-kali ada yang teriak “bule”, saya tidak suka
tersinggung. Bahkan saya pernah dipanggil “goblok”,
“anjing”, dst. tanpa ada alasan selain penampilan
fisik saya. Tetapi dalam hal ini harus pragmatis :-)

Soal pekerja rumah tangga, saya bisa membayangkan
maksud apa, cuman kemarin saya tidak menanggapinya.

Bukannya kita boleh bersukur kalau banyak orang WNA
memilih perempuan yang dianggap kurang cantik oleh
orang lokal? Jadi tidak ada kecemburuan dan semua
berbahagia :-)

Ada teman saya dari luar yang bilang kulit orang China
kurang halus, masih lebih halus kulit orang Indonesia
atau Korea. Tapi katanya juga kalau Chinese-Singapore
bagus sekali, apalagi yang campuran (peranakan).
Paling aku jawab ya ya :-)
Soal akses maksud begini, ketika ada pria WNA yang
baru datang ke Indonesia, ia cenderung belum begitu
akrab dengan kondisi lingkungan pada umumnya.
Sedangkan itu kan membantu untuk kenalan dengan lebih
banyak orang dan bukan hanya sebatas tempat-2 tertentu
semacam klab malam :-)

Dengan agresif maksud begini, di Indonesia kan banyak
cewe muda dan cantik, maka kompetisi  tinggi. Apalagi
kalau di tempat hiburan dimana ratio bisa misalnya
menjadi 80% cewe dan sisanya cowo, para cewe harus
pinter, bahkan agresif, mendapatkan cowo dan dipegang
terus. Lagipula, saya menulis “kadang-kadang” bukan
selalu. Jangan dipahami secara mutlak, cuman
pengalaman pribadi saya yang dulu. Kalau di Eropa
ratio sering terbalik, di klab malam kebanyakan cowo
yang meributkan para cewe :-)

Kok Mbak Yasmina bilang dirinya jelek, meskipun dengan
nada bercanda :-) Jangan merendah melulu. Bagaimana
itu lagi dengan istilah padi? :-)

Salam,
ayeye

Mas Ayeye,
Lebih suka istilah kaukasian ya, maaf saya biasa pakai
kata bule, tidak
untuk melecehkan tapi karena warna kulit yang putih
kemerahan itu memang
disebut bule ...:)

Yang dimaksud jelek seperti pembokat (pembantu) itu
bukan kulit coklatnya -
kulit coklat sih kata temen2 bule justru kulit
sensual, tapi bentuk wajah -
mungkin karena di Indonesia itu orang menceritakan
cantik itu dengan bentuk
hidung mancung, bibir yang bagus (tidak terlalu tebal
tapi tidak tipis),
dll.  Jadi kalau ada yang berhidung pesek (mancung
kedalam? ..:) atau bibir
yang tidak indah, dll disebut tidak cantik.  Terus
kaitannya dengan
pembokat - ada juga pembokat yang lebih cantik dari
majikannya, misalnya di
desa2 yang ada perkebunan bekas Belanda kan banyak
penduduk asli yang
dijadikan nyai2, peliharaan tuan2 Belanda,
keturunannya indo2 cantik.

Di televisi Indonesia biasanya wajah2 indo ini laku,
tapi ada juga wajah2
cantik Melayu yang wajah cantiknya itu proporsional,
enak dilihat tapi
hidung tidak semancung bule, kulit tidah seputih bule,
dll. Tapi banyak juga
yang wajahnya cantik Melayu, rambutnya dicat pirang
...:) Ada juga masanya
televisi dihiasi wajah2 oriental, cantik yang kulitnya
bagus (saya
sependapat dengan Ni Londo - kulit yang terbagus di
dunia ini di Asia Timur,
seperti kulit Jepang, China). Cantik oriental juga
selain kulit kuning
bagus, matanya sipit.

Kembali ke selera laki2 Kaukasian, memang saya juga
sering lihat di tempat
umum, mereka menggandeng perempuan yang wajahnya tidak
bisa dikategorikan
cantik Melayu - misalnya hidungnya pesek banget,
bibirnya tebal banget, dll,
kadang2 gaya berpakaiannya juga ehm ... kata orang2
sih kampungan, misalnya
warna baju gak matching atau modelnya entah abad mana,
belum lagi gaya
berjalan, gaya bicara, dll-nya itu seperti tidak
terdidik - misalnya
ngomongnya kenceng banget dengan suara yang tidak enak
di telinga
(cempreng), atau justru terlihat malu2 minder gitu
loh.  Ini menarik
perhatian - saya juga kadang2 nebak2 mungkin memang
perempuan itu
pembokatnya yang dipakai luar dalam (pelayanan di
rumah meliputi pelayanan
kamar), atau mungkin juga karena digandeng mesra,
mungkin memang bulenya
cinta banget dan nikah beneran.  Atau mungkin juga
memang wajahnya tidak
secantik Puteri Indonesia tapi perempuan itu punya
inner beauty yang OK
banget ...:)

Tidak punya akses ke perempuan cantik? Memangnya bule2
tidak mau menunggu,
jadi langsung samber yang tersedia? ...:)

Perempuan jelek lebih agresif? Nggak ah, contohnya
saya yang jelek, tidak
agresif ...:) Yang jelek mah justru minder ...:)

salam
Aisha
New and Improved Yahoo! Mail - 1GB free storage!
http://sg.whatsnew.mail.yahoo.com