Pak Satriyo,
Penilaian kita tentang berbagai hal itu relatif sekali ya. Jika anda menilai
bahwa di WM ini seperti negara atau negeri (apa bedanya? ..:) yang islamnya
masih sangat "tipis", silahkan saja.

Bagi saya pribadi, milis ini dengan keanggotaannya yang beragam (bukan hanya
muslim/ muslimah saja), terus yang muslim/ muslimahnya juga beragam
pemahaman agamanya - mungkin ada yang tebeeeel banget karena sudah puluhan
tahun menggeluti buku2 agama, di pesantren, di UIN/IAIN atau di universitas2
Islam di Mesir, Medinah, dll dan punya akhlak yang mulia - sampai ke muslim/
muslimah di ktp saja karena lahir di keluarga yang mengaku penganut Islam
tapi sama sekali tidak belajar Islam dan tidak melakukan ritualnya. Dari
keragaman anggota dan kemampuan orang untuk membahas berbagai hal disini,
milis WM menjadi menarik dan kita semua harus mengakui bahwa di dunia nyata
juga begitulah kondisinya, banyak sekali keragaman alias banyak yang
berbeda - perbedaan itu sunatullah kan? Dan milis WM salah satu representasi
dunia nyata.

Seperti kasus saya melakukan ibadah puasa ramadhan di satu tempat kecil yang
semua penduduknya beragama Islam yang melakukan banyak hal di mesjid,
i'tikaf, pesantren kilat, dll.  Lalu tinggal di tempat yang hampir semuanya
non muslim/ muslimah, puasanya jadi menarik karena jika kita membatalkan
puasa - gak bakalan ada yang ribut atau heboh seperti di tempat pertama,
perempuan kan bisa 'bolos' puasa ...:) Hal menarik lainnya ketika teman2
yang non muslim bertanya tentang puasa - harus berusaha keras untuk
menceritakan puasa yang indah ini dengan cara yang baik tentunya (bukan
puasa yang sekedar menahan lapar haus saja). Semakin menarik dalam
pengendalian diri, kehidupan berjalan seperti di bulan2 lainnya, yang makan,
yang nyebelin, dll semua komplit - apalagi di musim dingin, lapeeer ...:)
(kata temen2 sih lebih enak karena waktu puasa di musim dingin kan pendek,
tapi bagi saya dingin itu lapar ...:) yang seperti ini kan bisa diterapkan
di milis juga, milis yang beragam lebih OK daripada milis yang homogen.

Tapiiii ... bagi saya, keragaman agama disini dan keragaman pemahaman agama
Islam di sini, tidak bisa membuat saya menilai tebal tipisnya keagamaan
orang lain - lagi2 saya katakan bahwa di milis yang dunia maya ini kita
punya banyak keterbatasan menilai seseorang karena yang diketikkan kan
terbatas + kemampuan orang untuk mengemukakan apa yang dipikirkan dan yang
dirasakan tiap orang itu beda2, kita juga tidak tahu sepak terjang orang2
disini dalam hidup nyatanya kan? gak adil lah kalau kita menilai anggota2
sini 'tipis' agamanya hanya dari sedikit ketikan di milis tanpa tahu akhlak
terhadap berbagai hal di kehidupannya.

Bagi saya pribadi juga, tidak penting menilai tebal tipisnya keagamaan orang
lain di milis, yang penting adalah pemahaman agama saya masih tipis dan saya
belajar dari berbagai hal supaya pemahaman saya menebal, termasuk di milis
itu belajar dari postingan anggota2nya dan saya menilai diri sendiri saja
sebelum dinilai, dihisab saat dibangkitkan nanti.

salam
Aisha
From: "satriyo" <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [wanita-muslimah] Siapa itu He-Man alias Herri Permana?