> Bond sama dengan investasi? Please do your
> homework....

Saya tidak mengatakan bond sama dengan investasi. Bond
adalah hutang pemerintah. Tetapi dari sisi pembeli
obligasi ya, itu adalah investasi. Bahkan dengan
demikian dia meletakkan sebelah kakinya di Amerika
dengan menyimpan uangnya di tempat yang aman. (Berbeda
dengan saham yang bisa jatuh harganya karena
perusahaan bangkrut, pemerintah AS kecil sekali
kemungkinannya akan jatuh pailit sebelum obligasi/bond
jatuh tempo).

Seandainya terjadi lagi revolusi komunis di Cina
Daratan dengan tindakan menasionalisasi
perusahaan-perusahaan kapitalis swasta misalnya,
orang-orang kaya Cina yang membeli dan meng-koleksi
obligasi pemerintah Amerika  tinggal mengambil
tumpukan surat obligasi mereka dari peti besi,
memasukkannya ke kofer, lalu lari ke Amerika setelah
tentu saja juga berusaha menyelamatkan aset liquid
yang bisa diselamatkan dari pembukuan perusahaan
(dengan mentransfernya ke rekening bank luar negeri).
Di Amerika mereka bisa menjual obligasi itu untuk
mendapatkan modal, atau menggunakannya sebagai jaminan
untuk meminjam modal ke bank untuk ber-investasi
membuka kegiatan usaha dan sekaligus mendapatkan
kewarganegaraan (menurut UU Imigrasi AS paling kurang
satu juta dollar di kota besar dan 500 ribu dollar di
kota kecil dengan mempekerjakan paling kurang 7
orang).

Dan kalau orang-orang itu sudah menjadi warga Amerika
Uncle Sam tidak perlu lagi mentransfer dana keluar
negeri untuk bayar hutang.

--- Farid Gaban <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> memakai istilah ini)
> jauh lebih besar skala dan magnitudenya, dengan
> tingkat kerusakan lebih kolosal.
>
> Dan untuk suatu yang mendasar Anda keliru besar:
>
> Bond (obligasi) itu tidak sama dengan saham
> (investasi).
>
> Bond adalah utang. Publik Amerika, termasuk yang
> miskin dan yang
> anggaran sosialnya berkurang karena obsesi Bush pada
> ekspansi militer, harus menanggung itu.
>
> Lihat anggaran terbaru yang diusulkan Bush dan apa
> konsekuensinya buat orang miskin di sana?
>
> Dalam saham, investasi bisa rugi atau bisa untung.

ke

http://mail.yahoo.com