From: wanita-muslimah@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] Behalf Of Mia
Sent: Tuesday, March 21, 2006 7:53 PM
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: [wanita-muslimah] Re: PENOLAKAN RUU APP

Mu'tazilah itu bukannya 'sudah berakhir' setelah fiqh resmi menjadi
dominasi syariat Islam, menjelang abad 10? Bukannya Rabiah Al-
Adawiyah berlari-lari di kota Baghdad diantara abad 9-10 itu,
sebagai protes pada dominasi fiqh yang kaku pada waktu itu?

Sedangkan Ibn Rusy (Averroes) di Andalusia menjadi guru
Mu'tazilahnya orang Barat. Saya pikir Mu'tazilah nggak pernah
berkembang di kerajaan Islam Tim-Teng.

Katanya, penyerangan Barbar Mongol membuat ummat Islam secara
natural 'lari' kepada sufism. Dan Rumi adalah salah satu di
antaranya, budayawan yang paling kesohor. Sedangkan Ibnu Taimiyah
mencoba menghidupkan Islam dari keterpurukannya, dan jadi iconnya
Wahhabi.

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mas Ari, zamannya Imam Sufi Jalaluddin Rumi itu sudah jauh dari
masa kejayaan Mu'tazilah. Rumi, Ibnu Arabi, dan Syekh Abdul Qadir
Jaelani hidup di masa pasca-Mu'tazilah, yaitu di abad XIII. Orang-
orang besar ini hidup di tengah pergolakan Baghdad yang dihancurkan
Mongol pada 1258 M. Dalam masa penghancuran oleh Mongol ini pula
Imam Ibnu Taimiyah mencoba mencari tempat penghidupannya.

> Meski kalangan Mu'tazilah di dunia Arab TimTeng telah k.o., tapi
di Andalusia masih jaya, meski tak lama kemudian juga mulai padam.
Itulah sebabnya Ibnu Rusy yang semula ahli fikih dan  Qadhi besar di
sana digeser dan diasingkan hingga wafatnya. Sekarang kita bisa
menikmati karya agungnya "Bidayatul Mujtahid".

> Salam,
> chodjim

Jalaludin Rumi
> [...]
mengembara dalam
> pengasingan selama 14 tahun mencari tanah merdeka (akhirnya mereka
menetap
> di Turki) setelah di Khurasan, Imam Fakhrurazi (entah fakhrurazi
yang mana)
> namun dalam kisah Rumi diceritakan adalah penganut mu'tazilah.
>
> Melihat kericuhan dalam tubuh umat islam antar berbagai golongan
ini saya
> jadi teringat ucapan Voltaire : Voltaire, "saya rela mati untuk
melindungi
> kebebasan berpendapat Anda, meskipun pendapat Anda berbeda dengan

Dari kelompok
> merekalah lahir Ibnu Sina, Al-Khawarizmi, dan pakar-pakar sains
pada zaman
> itu.
> Kebanyakan umat Islam tidak menyadari bahwa tindakan penyeragaman
merupakan
> sumber kehancuran. Ini hukum Ilahi yang dibabar di alam ini.

~-->
> Join modern day disciples reach the disfigured and poor with hope
and healing
> http://us.click.yahoo.com/lMct6A/Vp3LAA/i1hLAA/aYWolB/TM
muslimah/messages