Pak Wida,
Yang saya tahu, ada milis yang satu arah seperti DT yang hanya meloloskan
artikel2 dan tidak ada kegiatan 'ngobrol'nya - mungkin yang seperti ini
cocok untuk orang yang tidak mau ngobrol di milis dan hanya ingin baca
artikel, WM termasuk milis 2 arah - ada yang posting tapi juga ada
obrolannya menanggapi artikel atau pendapat2 anggotanya.

Niat kita posting artikel kan supaya ada yang baca, lebih jauh lagi bisa
berkembang dengan obrolan supaya pemahaman kita lebih baik. Jika disadari
bahwa milis WM ini produktif sekali - artinya postingan setiap hari cukup
banyak, maka perlu kita sadari juga bahwa anggota2nya itu bukan pengangguran
yang setiap hari jam demi jam-nya itu di luar waktu tidur hanya untuk
membaca dan mengetikkan pendapatnya di milis, cobalah kita punya empati
(bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain) - pada umumnya orang hanya
menyisihkan waktu sedikit saja untuk milis-an, cobalah mengirim artikel tiap
harinya terbatas, supaya artikel yang kita kirim yang menurut pak Wida
bagus2 itu bisa terbaca.  Misalnya untuk artikel yang panjang sekali
sehingga dikasih nomor - contohnya seri Wawasan Al Quran - ini bagus tapi
usahakan sehari satu nomor karena pak Rudy ini kan mengirim artikel lainnya
juga selain yang bernomor dan cukup banyak - misalnya sehari 10 artikel.

memang tidak tercatat di tata tertib, tapi seperti yang mba Rita jelaskan -
jangan2 postingan banyak seperti pak pos ini satu bentuk kecanduan, suatu
perbuatan yang berlebihan.

Pak Wida, sesuatu yang baik itu juga harus dilakukan dengan CARA yang baik,
contohnya saya mau memberi durian ke pak Wida - itu perbuatan baik kan? Lalu
kalau cara memberikannya dengan melempar durian utuh yang ada kulitnya
dilempar supaya dtangkap pak Wida - apakah akibatnya akan baik? Contoh
lainnya, siang hari pas panas2nya pak Wida datang ke rumah saya, saya suguhi
puding santan dingin yang diberi taburan fruit cocktail di atasnya satu
mangkuk kecil.  Pak Wida mungkin merasa nyaman menikmati puding itu.  Lalu
besoknya pak Wida datang lagi, saya beri 2 mangkuk, mungkin pak Wida masih
bisa makan enak.  Tapi jika selanjutnya pak Wida datang saya suguhi 10
mangkuk puding yang harus pak Wida makan, apa pak Wida masih merasa enak
makannya? jangan2 malah pak Wida muntah, puding itu kalau kebanyakan jadi
gak enak lagi kan?

Dulu misalnya pak Darwin mengirimkan satu seri pengalaman berhajinya, beliau
mengirimkan satu nomor per hari, paling banyak 2 nomor dan tidak mengirim
artikel lainnya.  Ke anggota lainnya jadi enak, bisa membaca beragam artikel
atau pendapat teman2 di sini, kan anggota WM tidak hanya pak Rudy saja.

kembali lagi kita merujuk ke Al 'Ashr, rugi kan kalau tidak saling
mengingatkan atau menasehati, pendapat saya belum tentu benar, mari kita
bicarakan seperti ini dengan tenang.  Saya pribadi juga masih manusia dengan
banyak sekali kelemahan, silahkan ngingetin atau menasehati saya, saya juga
kadang2 lagi santai bisa banyak mengirim postingan menanggapi banyak hal,
tapi kalau sedang sulit ngatur waktu untuk kegiatan lainnya, saya juga tidak
bisa baca tulis di milis dalam waktu panjang.  Rasanya saya pernah cerita
juga di WM, satu saat saya lama tidak posting lalu ketika masuk WM lagi,
saya nanggapi dengan baca postingan teman2 yang masih sedikit - lihat di
inbox folder buanyaaak sekali.  Ada teman yang ngingetin, komentar2 saya
'garing' katanya - itu satu hal yang harus menjadi perhatian saya karena
yang bisa menilai saya kan orang lain ya.

Bagaimana? ...:)

salam
Aisha
----------
From: <[EMAIL PROTECTED]>
Postingan pak Rudy itu sebetulnya bagus-bagus. Tetapi postingan di milis  WM
ini banyak sekali. Milis ini produktif sekali. Jadi, kemungkinan bagi  yang
sedang berdiskusi, juga membaca di sela-sela kerja, akan banyak  melewati
begitu saja postingan pak Rudy. Kecuali yang tidak sedang  berdiskusi dan
hanya ingin mencari artikel Islami, maka postingan pak Rudy mungkin akan
dibaca semua.
"Mia" <[EMAIL PROTECTED]>
Iya, saya pingin sekali baca postingannya Pak Rudy, kalau doi sudah kirim
maksimum 3 artikel per day. Kalo lebih dari itu pan bingung, jadi dilewatin
aja...

salam
Mia