Terimakasih mbak Ida.

Dengan Sato kita oke kok dalam love-hate relationship..:-) Artinya
Sato nulis 5 aku bisa nulis 10 hahaha....Bahkan Sato itu favoritnya
cewek-cewek di sini...maklum piaraan kita...

Berkenaan dengan judul di atas "Karen Armstrong.." apa yang
dikatakan Sato tentang buku Karen Armstrong adalah sisi lain dari
apa yang mungkin dikatakan Pak Wida.

Sato bilang kurang lebihnya KA itu semacam penulis bayaran...dst.
Pak Wida suka buku KA karena sikap simpatinya. Ada yang dia setujui
ada yang nggak, walaupun sering nggak jelas yang mana disetujui yang
mana yang nggak disetujui.

Artinya apa?
- Ummat Islam mengimplikasikan bahwa mereka membutuhkan 'empati'. Di
sini saya akan bilang empati, bukan simpati yang mengandung
keberpihakan. Empati itu maksudnya bukan serta merta keberpihakan.
Empati adalah tools untuk memahami sudut pandang orang lain.

- Sedemikian rupa, kalau dipikir-pikir tulisan KA tentang kehidupan
Nabi itu bener-bener tajam dan sering kontroversial. Kalo yang nulis
malah orang Islam belum tentu reaksi kita adem ayem hangat, jangan-
jangan malah digugat.

Mestinya Sato memahami, setahu saya KA sepertinya 'nggak pernah
mengutuk' serangan Iraq, mungkin cuma menyayangkan.  Apa yang
dianjurkan oleh KA adalah peperangan itu mesti decisive, dan kudu
dicari tau dimana persoalan radikalism Islam ini. Empat dari inti
pemikiran KA dari tulisan-tulisannya, sepertinya diadopsi oleh neo-
lib Prof. Fukuyama dalam bukunya yang terakhir.  Misalnya:
1.  Perang Iraq ini nggak decisive, sudah gawat berlarut-larut.
2.  Bahwa akar dari radikalism bukanlah dari Islam tradisional
melainkan dari persinggungan antara Muslim dan lingkungan sekular-
modernism. Jadi bukan TimTeng yang diacak-acak tapi akarnya kudu
dicari di negara-negara Barat itu sendiri.
(2 butir lainnya saya lupa).

Pagi ini saya baca artikel di Jkt Post ttg Protestantisme Islam -
yang intinya saya pikir berangkat dari ketidakmampuan ber-empati
tentang apa yang dibutuhkan oleh Muslim. Bahwa keliru memandang
perubahan dalam Islam adalah seperti sejarah perubahan di dunia
Kristen.  Makanya Sato dkk selalu memburu akidah Islam ke asalnya,
sosok N Muhammad itu.  Bukan perubahan keyakinan Islam atau theology
yang diperlukan ummat, tapi lebih ke politik, hukum dan social
reform.

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "idakhouw" <[EMAIL PROTECTED]>