:=)))

Kang dws,
Thanks atas artikelnya, saya setuju sekali dengan analogi itu. manusia
emang paling pinter bikin analogi (saya belum pernah baca celeng bikin
analogi – sorry celeng ini binatang favorit saya).

kalo mau sedikit meresapi dan belajar dari agama lain, agama paling
lama yg mampu bertahan dan ada dalam catatan sejarah adalah agama RA,
agamanya orang mesir, bertahan selama 5.000 tahun. Budha berumur
sekitar 2.200 tahun, kristen (dengan seluruh distronya -baca ordo-)
sudah berumur 2.000 tahun, si bungsu islam sudah 1.400 tahun. Semua
agama mengklaim akan menjadi agama sepanjang jaman, padahal sulit
meramal berapa tahun umur jagad raya ini bakal bisa bertahan.

Budha dan Hindu menempatkan kasta para brahma sebagai satu-satunya
pihak dengan otoritas menafsirkan agama : umatnya hanya dianggap
kambing congek yg boleh manthuk2 dan diseret kemanapun tanpa boleh
memberikan usulan. Katholik roma secara tidak transparan memberikan
otoritas kepada dewan ulama (kependetaan) untuk menafsir kitab suci
mereka. Analoginya-pun umat adalah domba dan pendeta/pastor adalah
gembalanya. Dalam soal ini posisi pendeta/pastor sama dengan cowboy
ala amerika dalam iklan rokok produksi phillip morris. Mungkin
dikarena Jesus berprofesi sebagai gembala domba.

Kanjeng Nabi Muhammad (untunglah Gusti Allah milih dia), seorang
pedagang. kebanyakan pedagang yg baik sangat menghormati pelanggan
mereka; mungkin karena ini Kanjeng Nabi menghormati umatnya. Pedagang
jujur memberitahukan barang dagangan yg kurang baik kepada pelanggan.
Kanjeng Nabi ini punya pewaris dibidang perangkat lunak, namanya Linus
Torvald. Kanjeng Nabi memberikan 'source code' saja kepada umatnya,
silahkan diselidiki sendiri, dibaca, dicompile dan dioperasikan buat
menjalankan mesin masing2 yg tidak seragam.

Tapi ulama islam kebanyakan merasa diri mereka pewaris nabi dan punya
otoritas untuk menafsirkan source code al-qur'an. penafsiran orang
lain dianggap 'keliru'. Islam tidak mengenal dewan kependetaan
sebagaimana katholik roma atau hindu/budha. Tapi sekarang majlis
ulama, dewan ulama, dibentuk dimana-mana dan merasa paling berhak
menafsirkan kitab suci. Islam yg mulanya open source oleh beberapa
gelintir ulama akan diubah jadi closed source.

Tentu saja untuk menafsirkan source code tidak boleh sembarangan, kalo
salah compile mesin kagak jalan, selama mesin jalan berarti
kompilasinya benar, walo aromanya mungkin beda.

sekarang terserah umat islam, akan menyerahkan kompilasi agama kepada
beberapa gelintir developer atau kita bersama-sama membaca source code
dan menggunakan untuk mesin kita masing2.

Mazhab benar-benar mirip distro, hanya sebuah bundel hasil kompilasi.
suse membundel aplikasi sebanyak 5 cd, debian sarge bikin sampai 14
cd, ubuntu cukup 1 cd tapi disediakan server untuk update dan
instalasi baru, paket yg dibutuhkan. Kita hidup rata-rata 60-70 tahun,
tentu tidak membutuhkan seluruh program untuk menjalankan hidup.
kebutuhan tukang jualan sarung macam saya beda dengan kebutuhan doktor
fisika partikel seperti dws, juga beda kebutuhan seorang dokter ahli
bedah kosmetik seperti kang donnie yang sekali melayani pasien fee nya
ratusan juta (kalo mau mengubah hidung atau kuping hubungi dia).
Kebutuhan he-man yg tiap hari menjaga bengkel mobil pasti beda dengan
Mia yg bercita cita jadi nabi dan mempromosikan poliadri life style.

Islam menurut saya akan ditinggalkan kalo tetap membiarkan ulama
menjadi satu-satunya otoritas penafsir alias menjadi closed source,
tapi akan tetap bertahan bila menjaga jiwa open source sebagaimana
islam dilahirkan. Gak masalah beda aroma, yg penting mesin kehidupan
kita jalan dengan baik, tokh kita tak mungkin menjalankan tafsiran
untuk 64 bit di mesin 32 bit, bisa heng terus atau gak jalan sama sekali.

salam open source
--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Dwi W. Soegardi"