Dear Pak Sabri
Ikutan nimbrung ya... :-)

menepis kejenuhan dan kebosanan kadang-kadang sulit dilakukan, misalnya kita
ingin melakukan sesuatu yang baru tetapi lingkungan sekitar tidak mendukung.
maksudnya lingkungan sekitar itu secara general ya: perekonomian negara,
keamanan, stabilitas, dll.

Tetapi dengan menggabungkan hobi pak Sabri yang sekarang alias ngoprek Linux
dan gambaran abstrak dari pak Condro, saya kok terbayang sesuatu yang sudah
banyak beredar tapi mungkin boleh dipertimbangkan karena ini mungkin bisnis
yang berada di luar kegiatan pak Sabri yang dahulu.  Mulai dari yang kecil saja
misalnya mendirikan warnet.
Boleh ya pak Condro saya pinjem perumpamaannya :-)
1. badannya keluarin dulu dari kotak, pikiran diajak keluar juga dari kotak.
menetapkan tujuan baru: buka warnet dengan menggunakan linux sebagai operation
system-nya
2. lihat lihat kiri kanan.
mencari informasi perkembangan bisnis ini, melihat prospeknya (yang saya kira
belum padam karena masih banyak orang yang tidak punya komputer :-)), mencari
tempat yang strategis (misalnya perkampusan, perkantoran, pusat belanja, dll)
3. sambil nginceng kotaknya dari jauh.
sementara  tidak putus hubungan dengan usaha shipping-nya dan memantau dari
jauh (tapi deket).  -- maaf pak Condro, saya tidak mengerti kata "nginceng" :-)
--
4. tambahan untuk usaha warnet
mungkin nanti pak Sabri bisa membuat merk baru untuk usaha warnetnya.

Wah saya lagi mimpi nih :-).  Boleh tambah lagi nggak? :-)

Katanya ada teman pak Sabri yang orang Jerman mau investasi.  kalau
investasinya boleh di pakai untuk apa saja, bagaimana kalau digunakan untuk
pelestarian lingkungan.  dimulai dari yang ada di sekitar saja misalnya
membersihkan kali / sungai di jakarta.  saya dengar di Jerman ada teknologi
untuk recycling sampah dan limbah yang kemudian diterapkan di masyarakat.
1. merekrut orang-orang yang mempunyai pendidikan tentang pelestarian
lingkungan dan atau ahli kimia
2. memberikan training tentang recycling dan pengolahannya
3. membeli teknologi untuk pengolahan sampah dan limbah
4. mengkaryakan para pemulung untuk sortir sampah (jangan pakai tangan kosong
ya karena berbahaya), karena saya yakin mereka adalah orang yang paling
mengerti bahan seperti apa yang bisa di olah kembali dari pengalamannya.

---- untuk singkatnya kalau usaha ini berjalan dengan baik, walaupun
membutuhkan waktu yang tidak singkat, kita bisa mendapatkan pemandangan yang
sedikit lega dan para pemulung bisa menjadi karyawan :-).  itupun untuk
kemudian diikuti dengan penyuluhan kepada masyarakat tentang bagaimana membantu
pengolahan limbah.

Untuk membuat proposal, bagaimana dengan mengikut sertakan teman2 dan partner
lama sehingga tidak total bapak yang membuatnya ;-)

Tetapi kembali lagi pada kenyataan bahwa saya ini hanya anak baru gede yang
mempunyai impian setinggi langit, tapi untuk menggapai cita-cita yang setinggi
gantungan baju saja saya masih harus banyak lompatan :-)

salam semangat :-)
katri