Pak Wida,

Terima kasih atas info nya, kira-kira menurut Pak Wida apakah
penggambaran tentang reward atas surga dan neraka ini berupa simbolik
atau memang harfiahnya demikian???

Karena jika memang secara harfiah demikian maka tidak salah jika
begitu banyak orang-orang yang mengejar keshalehan pribadi demi
mendapatkan reward surga sebagai balasan di kehidupan sesudah mati.

Coba dilihat ayat sebelumnya Qs.39:65, menurut Pak Wida orang2 yang
menyekutukan Allah dalam kondisi merugi, merugi dimana?? di dunia atau
di akhirat?? atau di dunia dan di akhirat??

Dan apakah balasan setiap apa yang dikerjakan hanya diberikan ketika
kita berada dikehidupan akhirat saja?? bagaimana dgn kehidupan di
dunia adakah balasan?

Dan kemudian pada Qs.39:72 neraka adalah tempat orang-orang yang
menyombongkan diri, apakah di akhirat kita masih bisa menyombongkan
diri?? dimana orang bisa menyombong diri?? dan dimana ketika mereka
menyombongkan diri di tempatkan??

Sorry banyak nanya maklum saya juga masih pake ilmu dirasa-rasa;)

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahanam berombong-rombongan.
Sehingga