saya tidak mengerti sama sekali bahasa arab. Tapi marilah kita sedikit
'berpikir' dan mencoba memahami makna bahasa indonesia. membaca makna
utamanya : membaca tulisan atau kalimat. Tapi ada makna lain misalnya,
membaca raut muka, membaca garis tangan, membaca situasi.

dalam istilah software ada istilah read and write, juga ada istilah
cd-rom dan cd-rw. Yang dibaca oleh software bukan TULISAN melainkan
kode-kode. Sandi morse juga bukan tulisan, tapi bisa dibaca

jadi yang bisa saya fahami, membaca dlm bhs indonesia dan read dlm
bahasa inggris memiliki makna sangat luas. Apakah bhs arab demikian
pula? silahkan yg pakar bhs arab menjelaskan.

embuhhh....

salam