=======================
  From: Guarda Del Corazon
    Date: Thu Apr 20, 2006  8:01 am
Subject: Renungan Perjalanan: Prolog (2) - Mengapa backpacking ?

  "travelling lah, kamu akan melihat,
  betapa samanya  manusia di muka bumi,
  dan betapa berbedanya manusia di muka bumi "
                                                      CNN

  CNN menggambarkan dengan tepat, apa yang dirasakan oleh para traveller
  saya merasakan kue pancong yang sama seperti di Jombang, saat mengudap di kaki lima saigon
  makan kolak yang lezat, di tepi sungai Mekong
  mengalami siesta ala Malioboro, di kota Cordoba
  penjaga locker yang dengan sengaja merusak locker otomatis di stasiun Pisa, dan menawarkan jasa penitipan manual miliknya sendiri:persis kayak di indonesia
  di stasiun santa lucia, venesia, seorang wanita ngasih ngasih dagangan gantungan kunci di pangkuan penumpang, persis kayak di terminal bungur asih
  subway yang lewat antara vatikan dan roma termini, coret moret grafiti persis kayak kereta jabotabek
  di perparah, dengan orang ngamen di kereta yang kemudian minta receh pakai gelas kertas pizza hut, persis kayak naik metro mini S 69

  saya ketawa liat wanita itali, yang dengan sengaja berhenti menepikan mobil untuk bicara lewat handphone nya.
  kenapa ?.karena dia perlu menggerak gerakkan tangan satunya saat bicara !
  orang orang yang bicara dengan logat aneh di cafe latin quarter, bahasa latin ilmu pengetahuan
  para juru ramal saat malam menjelang di sapporo, konon kebanyakan dari suku Ainu, membuat saya percaya, segores bait tentang Tuhan pastilah ada di hati seorang agnostik sekalipun

  bisakah saya nikmati suasana demikian melalui jendela limousine ?
  bisakah saya alami apabila saya mengikuti tur mewah ?
  kesempatan berbaur dengan orang lokal, mendengar apa topik bicara mereka, memahami alam pikiran mereka
  menghormati pendapat yang total berbeda, melihat tata krama berbeda, seraya bolak balik mengucap kebesaran Tuhan,
  sepertinya hanya bisa dilakukan apa bila kita ngumpul bareng sama mereka, makan apa yang mereka makan, tahu apa yang dianggap mereka enak dan tidak enak,
  apa yang pantas dan tidak pantas dilakukan, sungguh, mungkin hanya bisa di lakukan apabila kita backpacking......

  (bersambung)

Tiada kata akhir untuk belajar seperti juga tiada kata akhir untuk kehidupan,
dan tugas paling sulit dalam hidup adalah....belajar untuk sabar.

(Annemarie Schimmel)