Soal keistimewaan bahasa perbahasa sangat susah untuk ditentukan dengan
cara menyandingkan satu lawan satu. Masing-masing mempunyai
karakteristiknya sendiri. Memang ada beberapa bagian yang ditarik ke
garis global dan dijadikan parameter perbandingan. Misalnya, kekayaan
kosakata, variasi struktur dan daya ungkap. Namun itu tidak bisa
dijadikan ukuran utama untuk menentukan hebat dan lebih hebat.

Kalau kita lihat dari segi perkembangan, bahasa Arab kalah jauh
sekarang. Untungnya masih ada al-Qur`an sehingga orisinalitasnya masih
terjaga sehingga tidak hancur berantakan. Bisa dilihat sendiri masa
sekarang yang biasa kita kenal dengan Arab Pasaran. Sangat jauh berbeda
dengan bahasa buku dan penyampaian formal. Bahkan ada (dan mungkin
banyak) orang Arab yang tidak mengerti bahasanya sendiri.

Jauh-jauh abad sebelumnya Sibawaihi sudah merekam suatu bentuk perubahan
mundur. Di dalam alkitab-nya, huruf hijaiyah itu sebenarnya mencapai 41,
tidak seperti sekarang yang hanya 28/29. Kajian Sibawaihi dan Khalil,
gurunya, tentang masalah ini merupakan cikal bakal lahirnya ilmu suara,
dimana huruf-huruf tersebut dijelaskan dengan menggambarkan psiologi,
prosesnya dan bunyi huruf yang dihasilkan.

Bagaimana dengan masa sekarang? Semua barang temuan dan prakarsa baru
muncul dari Barat. Mau tidak mau, Arab juga harus melakukan Ta'rib untuk
menyesuaikan kebutuhan. Dan lagi-lagi, al-Qur`an yang mengajarkan cara
ini sejak awal. Nama-nama 'Ajam diarabkan. Sebut saja sebagai contoh,
Ibrahim, Ismail, Israil, dirham, dinar dan seumpamanya adalah kata 'Ajam
(non-Arab) yang diarabkan.

Kalau mengukur keunggulan bahasa dengan melakukan beberapa perbandingan
kata saya kira tidak relevan. Pengaruh-mempengaruhi dalam bahasa adalah
soal yang biasa dan masing-masing punya mekanisme sendiri dalam menyerap
sesuai dengan tuntutan kebutuhannya. Dan semua itu akan terus berkembang
seiring proses kehidupan.

Wassalam

Aman