On 4/30/06, Ambon <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Jelas,  di Tanah Suci diajarkan bahasa Arab karena adalah bahasa mereka.

Om Ambon,
Makanya, sebelum murid2 SD belajar bahasa Arab atau bahasa Inggris,
terlebih dahulu mereka harus belajar bahasa mereka sendiri.

> Kalau bshasa Jawa diajarkan secara baik di sekolah-sekolah di Jawa tentu
> orang di Jawa senang sekali. Jangan nanti kalau memperdalam bahasa Jawa
> harus ke Utrecht atau Berkeley.

hehehe, om, dulu sampai SMP saya belajar bahasa Jawa. Nyaris tidak ada
gunanya :-( dan cuma jadi salah satu mata pelajaran yang membebani dan
paling dibenci murid. Kami sehari-hari berbahasa Jawa yang berbeda
dengan yang diajarkan di sekolah yang mengharuskan menghafalkan
berbagai kosa kata. Tidak ada yang tersisa kecuali "kowe anake bedes."
:))

Karena itu saya lebih setuju diajarkan bahasa Java, bukan Jawa, untuk
pemrograman komputer.

salam,
DWS