----- Original Message -----
From: "H. M. Nur Abdurrahman" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, May 04, 2006 2:07 PM
Subject: Re: [wanita-muslimah] Islam Liberal tak lebih dari sekedar
Imajinasi - Submission - Pendapat Orang Pinter dari Barat terhadap Al Qur'an

> Kalau menurut ana punya pendapat, sebaiknya ditampilkan karakteristik dan
sikap JIL dengan sumber maraji' (referens) dari JIL itu sendiri.

> 1. Karakteristik JIL:
> Sekularisme, liberalisme, pluralisme, genderisme itu mutlak benar. Ini
yang menjadi model pola/kerangka pikir (paradigm) untuk mengkritisi
Al-Quran.
> Sumber Maraji'.
> Luthfi Asysyaukani, Editor JIL, toles:
> Seperti dikatakan seorang filsuf kontemporer Perancis, teks --dan apalagi
teks-teks suci-- selalu bersifat "repressive, violent, and authoritarian."
Satu-satunya cara menyelamatkannya adalah dengan membebaskannya. Jika ada
pelajaran yang bisa diambil dari sejarah pembentukan Al-Quran, saya kira,
semangat pembebasan terhadap teks itulah yang patut ditiru, tentu saja
dengan melakukan kreatifitas-kreatifitas baru dalam bentuk yang lain.
[http://www.islamlib.com/id/page.php]

> 2. Sikap JIL
> JIL menghadang gerakan Islam yang mereka sebut "fundamentalis" yang
militan..
> Sumber Maraji'
> Dalam situs  JIL mereka toles:
> "sudah tentu, jika tidak ada upaya-upaya untuk mencegah dominannya
pandangan keagamaan yang militan itu,  boleh jadi, dalam waktu yang panjang,
pandangan-pandangan kelompok keagamaan yang militan ini bisa menjadi
dominan. [http://www.islamlib.com]

> Muammar Qaddhafi, yg pk e-mailnya Abah pd mlm/hr Jmt

Salam MQ,

Sangat setuju jika dalam berpendapat ttg orang lain,
memang harus merujuk kepada apa yang mereka tulis.
Hanya saja, jangan karena kebencian membuat kita jadi:
- membuat kesimpulan-kesimpulan yang terlalu jauh
- menambah-nambahi apa-apa yang mereka sudah tulis

Coba silahkan tolong diterangkan dimana itu Anda bisa mengambil kesimpulan:
- Sekularisme, liberalisme, pluralisme, genderisme itu mutlak benar bagi JIL
- JIL menghadang gerakan Islam yang mereka sebut "fundamentalis" militan

Salam
Ary