Begini lho, Muammar Qaddhafi, yg pk e-mailnya Abah pd mlm/hr Jmt,

Komentar MQ kok malahan makin sulit ya. Padahal saya nanya yg membumi :-)
Saya orang awam, rakyat jelata. Kalo Pak Jano ko milisan untuk cari pahala,
kalo saya untuk cari tahu, supaya mengerti. Agar bisa saling memahami dan bertoleransi.

Pada pokoknya saya cuma sekedar ingin tahu saja, gimana sih:
'penampilan fisik, tutur kata, perilaku' seseorang yg dituduh Islam Liberal itu???.
Misalnya kalo ketemu di pasar, kita bisa tau mungkin sekedar membatin : ' o itu islib'
Kalo lagi di masjid juga ketahuan, o si itu islib, o ternyata si anu 'NU', o si fulan salafi'
Begitu lho MQ.

[Saya kan punya tetangga. Saya suka juga ikut pengajian, suka shalat ke masjid yg berbeda-beda.
Suka ketemu banyak ragam orang di jalan.
Milisan dalam seharinya, saya batasi nggak lebih dari 3 jam. Bahkan kadang2 enggak buka sama sekali.
Sekalipun saya milisan dari rumah, saya senantiasa berusaha untuk tidak ketagihan milisan, e-mail :-))]

Pendapat saya sementara ini mengenai islam liberal adalah :
1. Boleh jadi mungkin islib itu memang sekedar khayalan
2. Ramenya cuma dalam obrolan di milis, di dunia maya, di masjid, di arisan...
Kita sama2 ndak pernah tahu seseorang yg islib itu yg kayak apa????
Mungkin penampakan didunia nyata seseorang yg islib itu juga gak jelas.
Sedihnya banyak umat islam yg percaya, yg berkelahi lantaran islib, lantaran alasan yg tidak jelas ini.
Cuma berdasarkan, terprovokasi karena : baca buku, baca e-mail atau berdasarkan 'katanya'........ :-(
[ beberapa waktu lalu ada sekeumpulan ibuk2 yg ajak saya demo ke utankayu, ke markas islib. Lha apanya yg didemo????]
--------------------
Seperti misalnya jamaah 'X' itu kelihatan bentuknya.
Dari penampilan, dari tata cara sholatnya, bacaan sholat saja bisa jelas kita tahu.
Misal : Mereka pada umumnya 'ogah' sholat berjamaah dengan yg bukan dari golongannya.
Kalo terpaksa sholat jum'at di masjid 'pada umumnya' misalnya, nanti sampai rumah, di komunitasnya diulang lagi.

Ada juga golongan 'Y' yg sekarang makin marak. Dari penampilannya gak ketahuan.
Tapi mereka punya masjid- mushala sendiri. Orang2 islam yg diluar jamaah mereka dianggap najis.
Kalo ada yg ketahuan sholat di masjid mereka langsung masjidnya di bersihkan, dipel pake karbol sampe cling.
Mukena yg bukan dari jamaahnya adalah najis. Kalo mukenanya di pinjam oleh yg bukan golongannya,
mereka gak mau pake mukena itu lagi sebelum di cuci bersih2. Kalo yg mampu dibawa mukenanya ke laundrette.
Kalo sakit gak boleh ke dokter, pake pengobatan alternatif saja. Baru deh kalo parah ke dokter/RS.
Tapi mereka banyak ngatur dokternya. Baru berhenti mengatur ketika nafasnya juga berhenti.
Ini contohnya.

Lha kalo seseorang Islam Liberal itu yg gimana? Kasih contoh satu saja deh, MQ.
Misal mengenai sholat, apakah rakaatnya, bacaannya beda? [ ini kan yg pokok di islam].

Saya beri tugas - PR untuk MQ kala pake e-mailnya Abah, Jum'at depan nanti. Laksanaken!
:-))

salam
l.meilany