Mba Yulia,
Jika sedang santai di rumah mungkin kita bisa mencuci wajah ketika wudu dan
membiarkan menetes sampai kering.  Tapi bayangkan di kantor yang toiletnya
agak jauh dari ruang kerja kita, setelah wudu sambil jalan ke ruang kerja
atau kalau solatnya di mushola kantor, wajar tidak kalau kita membiarkan air
menetes di lantai sepanjang jalan?, bahaya untuk orang lain, bisa kepeleset
karena lantai jadi basah licin.  Kalau yang wudu sendiri, kalau semua
muslimah di kantor berperilaku seperti itu, lorong kantor jadi mirip pasar
tradisional setelah hujan ...;)

Masalah lainnya, karena wanita Indonesia sholatnya pakai mukena, maka
membiarkan air wudu menetes dan kering sendiri itu melembabkan mukena
sehingga jika mukena itu tidak segera kering lalu tidak segera dicuci,
mukena itu berjamur - ada titik-titik hitam, hiiii ... jorok abis.  Mukena
yang disediakan masjid biasanya berbau tidak enak dan lembab berjamur.
Pernah juga saat istirahat siang saya ke rumah teman yang mengantar obat
untuk ibunya, dijamu makan siang, lalu teman saya ini segera sholat dhuhur
sementara saya masih ngobrol dengan ibunya, tiba-tiba ada panggilan dari
kantor supaya segera datang - ibu teman ini langsung nawarin sholat di
kamarnya dengan mukenanya. Ternyata ibu ini punya kebiasaan seperti itu,
membiarkan air menetes dan kering sendiri dan mukenanya lembab berjamur juga
bau - istilah sundanya 'bau anjing baseuh' - bau anjing basah gitu kan gak
enak ya?

Saya rasa bukan secara fisik aturan untuk netes-netes sampai kering sendiri
yang perlu disebar luaskan, tapi saat bersuci fisik juga menyucikan hati,
pikiran kita sehingga setelah sholat, berzikir, berdoa, maka pikiran dan
perasaan kita lebih nyaman karena bergantung pada Allah saja dan yakin Allah
memberi kita yag terbaik, efeknya ke wajah jadi segar.

Bayangkan saja kalau dijalankan netes2 sampai kering ini tapi saat sholat -
berdoa dan berdzikir, pikiran dan perasaan kita tidak fokus - masih juga
mikir jelek ke orang lain, masih juga merasa marah, iri, dll - apa wajah
kita bisa segar?

salam
Aisha
From: "Yulia Artati" <[EMAIL PROTECTED]>