nimbrung juga ya... :)

kebetulan saya hadir dalam acara diskusi dengan
Marjane Satrapi waktu dia ke kota saya. Orangnya
sangat simpatis, sederhana, tidak sok2an, enak untuk
diajak diskusi. Saya ingat salah satu ceritanya
tentang pengalaman dia waktu dia balik ke Tehran
beberapa tahun yang lalu untuk beberapa minggu. Tentu
saja, selama di sana dia pakai kerudung juga, kan
wajib. Saya tidak tahu apakah dia pakai model yg "you
can see hair" atau yang "ketat", tetapi selain pakai
kerudung, gayanya tetap sama seperti di Barat. Eh tahu
gak, dia malah sempat dijadikan "teladan" oleh salah
satu polisi moral yg lagi lewat dan negur cewek2 lain
(yg asli Tehran) yg pakai kerudung "you can see hair"
dan make-up yg tebal. Soalnya, Marjane tidak
ber-make-up, jadi wajahnya beda sama cewek2 Tehran yg
rata2 ber-make-up tebal dan menor.... katanya si
polisi moral (saya lupa istilah Farsinya), mbok cewek2
lain juga spt Marjane, karena seperti itu gaya
Muslimah sejati... :)

Kebetulan minggu ini dalam majalah mingguan Jerman Der
Spiegel ada juga foto cewek2 Tehran yg berkerudung
"you can see" dan menor banget make-upnya... saya
upload fotonya ke:
http://s9.simpleupload.de/fceac61e7/SpiegelIran.jpg.html

Fotonya cukup realistis menurut saya, saya juga sering
melihat cewek2 seperti mereka kalau ada dokumentasi
ttg Iran di tv, yang gambarnya diambil dari jalan atau
mall, jadi kita bisa melihat orang2 yg lewat. Ada yg
berchador hitam, ada juga yg berkerudung you-can-see
yg gayanya mirip bintang Hollywood tahun 50an
(kerudung segitiga dan kacamata hitam), stylish dan
cantik banget hehehe...

salam dari Jerman
AvaTari
(si londo dari Jerman, sudah pindah alamat... :)

http://mail.yahoo.com