Master dalam bidang logistik perang adalah Alexander the Great dalam
setiap penaklukkannya dia selalu memperhatikan masalah logistik.Karena
itu ia hanya menyerang daerah-daerah pantai atau daerah yang dilalui sungai
dimana logistiknya diangkut menggunakan kapal.

Teknik logistik ini juga dipakai Sun Quan dalam kisah Sam Kok.

Di masa penjajahan Belanda mereka menggunakan orang rantai , para
tahanan yang dirantai dan tidak punya nama cuma nomor.

Pada perang tabuk pasukan yang dibawa mencapai jumlah puluhan ribu,
karena yang mereka hadapi 40 ribu pasukan Romawi.

Saya kira teknik logistik mereka ala Jenghish Khan adalah mengandalkan
kecepatan pasukan berkuda yang dilengkapi panah , ini khas suku-suku
nomad , bangsa Hun juga sama.Pasukan Romawi kan selalu pakai infantri
dengan formasi Phalanx yang didukung artileri catapult dan pasukan panah
dan pasukan kavalerinya biasanya menyerang dari sisi sayap.Pasukan
Chariot ala Scorpico gak mempan di gurun.Mungkin ini juga sebabnya
mereka mundur, untuk perang di gurun menggunakan infatri perlu logistik
yang cukup besar

Suku nomad bila bersatu sulit dikalahkan karena ketrampilan mereka dalam
berkuda dan dimasa itu gak ada infantri yang tahan melawan kavaleri.Kavaleri
pasukan berkuda nomad biasanya disertai panah , sehingga mereka bisa
menyerang
dari jarak jauh dan dekat dan dipadukan dengan kecepatan.

Dengan kecepatan ini tidak perlu logistik dalam jumlah besar, pasukan
logistik
biasanya berada dalam jarak yang cukup jauh dan aman.