Agama memang menganjurkan seorang istri untuk ta?at kepada suaminya. Saya
rasa ada nilai kebaikan dari anjuran ini. Tentunya bukanlah untuk
menjadikan si suami sebagai Tuan dan si istri sebagai hamba bagi si suami.
Tetapi hal ini lebih menunjukkan kepemimpinan suami terhadap istri dan
anak-anaknya. Kepemimpinan yang ditunjukkan bukan hanya dalam bentuk
nafkah, tetapi juga perlindungan fisik dan perlindungan lainnya. Tentu
masih berlaku bahwa menjadi kewajiban suami untuk menyediakan papan,
sandang, pangan bagi sebuah keluarga. Sedangkan tidak menjadi kewajiban
bagi si istri. Kekurangan dalam pemenuhan ketiga kebutuhan primer itu akan
menjadi celaan bagi si suami dan tidak pernah bagi si istri. Pendek kata,
ketaatan seorang istri kepada suami mempunyai landasan bagi kebaikan rumah
tangga itu.

Ketaatan juga menunjukkan kepemimpinan yang tunggal dalam suatu rumah
tangga. Karena kepemimpinan ganda akan membingungkan dalam mengarahkan
bahtera rumah tangga. Dan yang sering akan terjadi adalah pertengkaran2
dalam mengarahkan bahtera rumah tangga. Kepemimpinan suami dalam rumah
tangga tentunya tanpa mengabaikan partisipasi dan potensi yang dimiliki
oleh sang istri dalam mengarungi bahtera rumah tangga bersama. Partisipasi
dalam bentuk diskusi, musyawarah, nafkah, dan pengambilan keputusan.
Tetapi sebagai penanggung jawab keputusan itu tetaplah di atas pundak sang
suami sebagai pemimpin.

Sekalipun demikian anjuran istri untuk taat kepada suami, nabi tetap
mengatakan: tidak ada ketaatan kepada makhluq dalam bermaksiat kepada
Kholiq. Artinya, sang istri boleh bahkan wajib untuk tidak taat kepada
suami jika sang suami meminta sang istri untuk bermaksiat kepada Tuhan.
Dan lagi nabi mengatakan: Tuhan membenci suami yang berlaku sempit (kikir)
terhadap istrinya. Dan laki-laki yang terbaik di antara kalian adalah yang
paling baik kepada istrinya. Tetap saja nabi sangat menganjurkan para
suami untuk berlaku baik terhadap istrinya, sebagaimana yang ia contohkan
sendiri: dan aku (nabi) adalah yang paling baik terhadap istriku.

Memang tidak enak mengatakan hal ini tanpa diduga mempunyai maksud untuk
merendahkan pihak lain, tetapi saya yakin banyak kebaikan dalam anjuran
agama ini bahwa istri untuk taat kepada suaminya. Ketaatan yang akan
melahirkan rasa hormat, rasa sayang dan rasa cinta sang suami kepada
istrinya. Ketaatan yang tetap menghargai partisipasi dan potensi berharga
dari sang istri. Ketaatan yang hanya menunjukkan sebuah kepemimpinan dan
bukan penghambaan. Ketaatan yang tentu tidak dimaksudkan untuk menjadikan
suami sebagai tuhan selain Allah. Jika sampai seperti itu, kedua-duanya
telah jatuh ke dalam dosa yang paling besar, asy-Syirik, yaitu
mempersekutukan Allah dengan makhluq Nya. NaudzubilLaahi min dzaalik!

Salam,

"ritajkt" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
05/07/2006 04:51 PM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
[wanita-muslimah] Re: Perempuan ber'tuhan' ganda

Betul Mbak Ai, padahal pemberhalaan terhadap apa pun itu HARAM...:)

Padahal pula relasi suami istri yang keren itu udah dicontohkan Nabi
sendiri. Hla kanjeng Nabi SAW aja penuh kasih sayang pada istri. Ada
kan riwayat yang mengisahkan Nabi cuman senyum aja waktu istrinya
lagi crewet, ngedumel gitu kalo jaman sekarang. Bahkan Kanjeng Nabi
(dalam setting waktu saat itu) ya santai aje bantuin urusan
domestik. yang sohor kan riwayat Nabi SAW yang menjahit sendiri
bajunya yang robek. pcmiiw

Saya juga kalo ikut pengajian (khusus ibu-ibu) sering bgt pak
kiainya mengingatkan jemaah (ibu-ibu) untuk taat pada suami spt yang
Mbak Ai sebutkan itu. Saya pernah iseng nanya ke pak kiai, kalo pas
ngasih pengajian ke bapak-bapak apa juga meng-encourage bapak-bapak
agar berlaku serupa pada istri. Eh blio cuman ketawa...:((

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Aisha"

http://asia.messenger.yahoo.com