BISMILLA-HIRRAHMA-NIRRAHIYM

Memahamkan Ayat dengan Pendekatan Matematika.

Firman Allah: Al Haqqu min Rabbika (S. al Baqarah, 2:147), artinya:
Kebenaran itu dari Maha Pengaturmu. Marilah kita bersama-sama memahamkan
ma'na ayat (2:147) itu dengan pendekatan matematika.

Matematika adalah suatu sistem aksiomatis yang bersifat deduktif dengan
ciri-ciri sebagai berikut:
1. Ada sejumlah unsur pokok (undefined terms)
2. Ada seperangkat postulat (unproven statements)
3. Semua definisi atau teorema dibuat dengan menggunakan unsur pokok,
postulat, definisi atau teorema yang sudah ada sebelumnya.
4. Nilai benar atau salah ditentukan oleh hukum-hukum yang ada

Definisi adalah pernyataan yang menjelaskan pengertian suatu nama atau
istilah dengan memberikan ciri khusus nama atau istilah tersebut , sedangkan
teorema merupakan hukum yang diturunkan dari sistem postulat yang digunakan.
Kalau kita perhatikan ciri matematika tersebut, seperangkat postulat
merupakan batu bata (building block) daripada matematika. Jadi kuat dan
lemahnya bangunan matematika yang digunakan ditentukan oleh kualitas
postulat-postulatnya.

Seperangkat postulat dapat digunakan untuk sebuah  bangunan matematika harus
memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:
1. Sistem postulat itu lengkap. Pernyataan apa saja yang dibuat tentang
unsur-unsur pokok atau unsur-unsur lainnya dalam sistem tersebut dapat
dibuktikan benar atau salah dengan menggunakan himpunan postulat atau
hukum-hukum yang diturunkannya.
2. Sistem postulat itu harus konsisten. Hukum-hukum yang dihasilkan oleh
system postulat tidak akan membenarkan dua atau lebih pernyataan yang
bertentangan. Setiap pernyataan hanya bisa benar atau salah dan tidak bisa
benar dan salah serempak/sekaligus.
3. Sistem postulat itu harus ketat. Kalau ada satu postulat yang dapat
diturunkan dari postulat-postulat lainnya, maka postulat tersebut harus
dikeluarkan dari sistem postulat, dan dapat dijadikan teorema sebagai hukum
turunan dari sistem postulat.

Dengan sifat ketat sebuah sistem postulat, kita dapat mengganti sebuah
postulat dengan postulat lain, atau kontradiksinya, dan sistem itu tetap
utuh dan memenuhi sifat-sifat kelengkapan, kekonsistenan dan keketatan.
Sistem postulat yang baru akibat pergantian sebuah postulat tadi dapat
merupakan duplikat, atau akan sangat berbeda dari system postulat semula.

Tiga sifat system postulat tersebut membawa konsekwensi yang penting. Jika
ada satu sistem postulat P1, kemudian kita membuat system postulat P2,
dengan mengganti sebuah postulatnya, maka hanya satu di antara dua
kemungkinan yang berikut bisa terjadi, yaitu (1) P1 = P2, atau (2) P1
terpisah dengan P2. Kasus pertama terjadi apabila postulat pertama merupakan
duplikat dari postulat yang diganti, sedangkan kasus kedua terjadi apabila
postulat pengganti merupakan kontradiksi terhadap postulat yang diganti.
Sebuah postulat dikatakan duplikat dari postulat lainnya, apabila yang satu
merupakan implikasi logis daripada yang lainnya, atau jika yang satu benar,
maka yang lainnya juga benar, demikian pula kalau yang satu salah yang
lainnya juga salah. Kemudian dua postulat dikatakan kontradiksi apabila
keduanya tidak dapat memiliki nilai logika yang sama, artinya satu yang
benar dan lainnya pasti salah.

Kita sekarang sudah dekat akan pemahaman ayat (2:147), yaitu dengan menjawab
pertanyaan ini: "Siapa yang menilai system postulat tersebut?" Sudah jelas
bahwa matematika tidak apat menilai dirinya sendiri. Adakah ilmu lain yang
dapat menilainya? Jawabnya tidak ada sepanjang ilmu itu sederajat dengan
matematika. Untuk menilai suatu sistem postulat diperlukan ilmu yang
derajatnya lebih tinggi yang disebut meta-matematika. Siapa pula yang bisa
menilai keshahihan penilaian meta-matematika itu? Untuk itu diperlukan pula
ilmu yang derajatnya lebih tinggi lagi yaitu meta-meta-matematika. Dan
seterusnya dan seterusnya, yang ujung-ujungnya adalah : Al Haqqu min Rabbika
(S. al Baqarah, 2:147). WaLlahu a'lamu bishshawab.
[H.Muh.Nur Abdurrahman]