Menarik jika ada yang mau menjelaskan apa yang Yesus maksudkan dengan
"jalan menuju Bapa hanya melalui darahnya..." menggunakan dimensi yang
sama (kultur budaya sosial) ketika itu. Dan bagaimana relevansinya untuk
zaman ini. Anybody? Terimakasih sebelumnya.

(Ini saya murni bertanya dan bukan menguji untuk mendebat, just
curiousity)

"Chae" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: wanita-muslimah@yahoogroups.com
07/05/2006 09:42 AM
Please respond to
wanita-muslimah@yahoogroups.com

wanita-muslimah@yahoogroups.com
cc

Subject
[wanita-muslimah] Re: obrolan yesus, mbak Ida & me

Semua agama kalau menyangkut keimanan enggak akan terlepas dengan yang
namanya ilmu atak atik mathuk...saya tekankan SEMUA AGAMA JIKA
MENYANGKUT KEIMANAN PER SEORANGAN , masalah yang dikemukakan Mba Mia
adalah  Keyakinan Yesu sebagai pribadi menjadi satu-satunya "avatar"
menutup playing field yang seharus ada untuk kerukunan antar umat.

Sama hal nya dengan keyakinan bahwa Islam is the only way, ini juga
menutup adanya playing field yang seharusnya ada untuk kerukunan antar
umat beragama, padahal jelas-jelas Qur'an mematahkan teori tentang
Islam is the only way...sayangnya umat nya kadang keukeuh surekeuh
dengan posisi Kita dan kalian....dari sini susah sekali menemukan kata
Kami..

Satu hal yang pasti dan fakta yang berbicara "benar" bahwa baik itu
Nabi Muhammad saw dan Yesus adalah sosok2 manusia yang hidup dengan
dimensi nya masing-masing artinya keduanya tidak bisa lepas dari
kondisi zaman, budaya dan kultur sosial.

Jadi mau tidak mau ketika kita berusaha untuk bisa memahami atau
setidaknya mendekati apa yang dimaksud Nabi Muhammad saw dan Yesus
harus menggunakan dimensi yang sama (kultur budaya sosial) ketika itu.

Misalnya ketika kita coba mehamami apa yang Yesus maksudkan dengan
jalan menuju Bapa hanya melalui darahnya....jika tidak maka akan
terjebak dengan konsep utak atik mathuk.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "sarinesia" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> yg digembar-gemborkan Ida masalah teologi itu pepesan kosong aja.
> sebab itu adalah ilmu manusia yang asal "atak atik mathuk".. suatu
> saat kalau "gak mathuk" ya "di-matuk-mathuk-ke" atau kalau perlu
> direvisi tanpa malu-malu sedikitpun. banyak kok contohnya. dan kalau
> ummatnya tidak mampu menangkap pemikiran tersebut karena terlalu
> berbelit-belit langsung dibuat vonis bahwa kalangan tertentu saja yg
> bisa memahami konsep ini.
>
> coba Ida diunbounce supaya gak maen japri-japrian.

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogya melalui Wanita-Muslimah dan Planet
Muslim. Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia KCP DEPOK No.
421-236-5541 atas nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.