BISMILLA-HIRRAHMA-NIRRAHIYM

Triinitas Bukan Barang Baru
oleh: H.Muh.Nur Abdurrahman

Trinitas atau tritunggalnya Ummat Kristen (UK) itu sebetulnya bukanlah
sesuatu yang baru dan orisinil. Jauh sebelum lahirnya Yesus, telah terdapat
kepercayaan-kepercayaaan pagannisme terhadap trinitas yang telah menyebar
kepelosok dunia dan bersinkretisasi dan berinteraksi. Sebagai contoh:

Agama Mesir kuno sudah mengenal trinitas Amun - Ra- Osiris (pencipta, anak,
pembinasa). Ra menitis ke dalam setiap Firaun yang memangku ke-Fir'aun-an
Mesir. Kemudian kepada Fir'aun Merne Ptah Allah mengutus Nabi Musa AS. Lalu
apakah Nabi Musa AS menyuruh Firaun untuk kembali menyembah suatu bentuk
trinitas lainnya? TIDAK! Nabi Musa AS mengajak Fir'aun yang sesat itu untuk
menyembah hanya kepada Allah Yang Maha Esa bukan trinitas, bukan tiga dalam
satu, satu dalam tiga. Agama Hindu juga memiliki trimurti dengan Brahma -
Wisnu - Syiwa (pencipta, pemelihara, perusak) Wishnu sang pemelihara
menjelma sebagai manusia yaitu Krishna. Orang Arab masa Jahiliyah juga
memiliki Uzza - Manna - Lata.

Sesungguhnya amat jelas bahwa sejak masa Nabi Adam AS s/d Nabi Nuh AS s/d
Nabi Ibrahim AS s/d Nabi Musa AS s/d Nabi Isa AS s/d Nabi Muhammad SAW,
semuanya menyeru kepada Tauhid, mengimani keEsaan Allah, hanya menyembah
kepada Allah dan tidak menyekutukannya dengan apapun. Tidak ada diantara
mereka yang mengajarkan tritunggal, trinitas, tiga dalam satu atau satu
dalam tiga, hanya TAUHID! TAUHID! dan TAUHID!

Sehingga jelaslah bahwa trinitas-nya UK tak lebih dari bentuk sinkretisasi
paganisme yang sudah berakulturasi dengan kultur judaisme dan helenisme yang
masih bertahan hingga kini. Lalu dimanakah posisi doktrin trinitas dalam
injil? Satu-satunya ayat yang menyinggung tentang doktrin trinitas adalah I
Yohanes 5:7 dimana terdapat tanda kurung (..) yang meliputi ayat tersebut.
Apakah arti tanda (..) tersebut, untuk itu saya akan kutipkan tanya jawab
antara seorang penanya kristen dengan romo Drs. Henricus Pidyanto Gunawan
(disingkat romo Pid), seorang lulusan insitut biblicum, Roma (1982-1986),
lulusan program doktoral teologi alkitabiah dari universitas st.thomas
aquino, roma (1988-1990) yang juga pernah mengecap pendidikan seminari
menengah Malang tahun 1967.

Dalam bukunya umat bertanya romo pid menjawab vol.6:
Pertanyaan umat Kristen:
1.Apakah yang dimaksud dengan tanda (...)/tanda kurung yang terdapat pada
Alkitab?

Jawaban romo pid:
Ada ayat2 tertentu dalam alkitab yang dimasukkan diantara tanda (...),
karena ayat-ayat itu sangat problematik dan hampir pasti tidak asli.

Contoh pertama, Mat 6:13b yang berbunyi "Karena engkaulah yang mempunyai
kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin. Kalimat ini
diletakkan diantara tanda (...), karena tidak terdapat pada
manuskrip-manuskrip yunani yang paling kuno dan penting. Selain itu, dalam
komentar doa bapa kami oleh para bapa gereja, ayat itu tidak pernah
disinggung. karena kedua alasan ini para ahli menyimpulkan bahwa Mat 6:13b
itu tidak asli, melainkan tambahan kemudian yang dibuat oleh para penyalin
injil berdasarkan praktek pada waktu itu.

contoh kedua, I Yoh 5:7 yang berbunyi: "sebab ada tiga yang memberi
kesaksian (didalam surga: Bapa, Firman, dan Roh Kudus: dan ketiganya adalah
satu, dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah
dan ketiganya adalah satu" karena alasan2 yang sama dengan Mat 6:13b,
kata-kata yang ada diantara tanda (...) pada I Yoh 5:7 pun juga hampir pasti
tidak asli.

Kesimpulannya, ini adalah bukti nyata bahwa ternyata didalam Injil terdapat
penambahan-perubahan dan penyisipan kata yang telah diakui sendiri oleh para
ahli dan sarjana Injil. Itupun kalau terlacak, tidak ada jaminan bahwa tidak
ada lagi kalimat palsu dalam injil selain yang sudah disinyalir tersebut.
Kemudian mengenai I Yoh 5:7, penting dicatat bahwa ayat dalam kurung
tersebut adalah referensi doktrin trinitas, bila ayat tersebut memang tidak
asli, lalu bagaimana nasib doktrin tersebut dalam injil? jelas tak berdasar!

Maka dengarlah Firman Allah:
"Hai Ahli Kitab marilah kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada
perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan
tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatu pun dan tidak (pula) sebagian
kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Tuhan selain daripada Allah(*),
jika mereka berpaling, maka katakanlah kepada mereka : Saksikanlah, bahwa
kami adalah orang-orang yang menyerahkan diri kepada (kepada Allah)" (QS.
Ali Imran 64)
-------------------------
(*)
Ini palying field yang diiming-iming oleh Mia, bukan?

***

Trinitas yang Tidak Menyatu

Yesus, --sebagaimana diyakini Ummat Kristen (UK)--, yang hanya memiliki
kuasa fungsionil berfirman tentu tak mungkin dan tak akan mampu pada saat
bersamaan juga memiliki kuasa fungsionil mencipta. Lalu pada saat Yesus
hidup? Siapa yang tetap konsisten menjalankan kuasa fungsionil mencipta
sesuai istilah UK tersebut? Apakah ada yang lain lagi? Kalau begitu, maka
apa artinya satu dalam tiga , tiga dalam satunya Tritunggal? Bukankah sudah
jelas bahwa Yesus tidak berkuasa seperti Tuhan? berarti jelas....Tuhan
adalah satu hal dan Yesus adalah hal lain lagi, oleh karena itu, Yesus yang
100% manusia tidak bisa diaggap sebagai 100% Tuhan juga, Maka pecahlah
penyatuan Bapa dan Putera sebagai bagian dari tiga oknum tersebut! Kemudian,
mengenai salah satu oknum tritunggal lainnya, yakni roh kudus, sesuai
kepercayaan UK adalah oknum tak terpisahkan dari Tuhan bapa dan Tuhan
putera, sehingga sekali lagi bapa, putera dan roh kudus itu selalu bersama
dan tak terpisahkan. Namun benarkah demikian? Apakah Yesus kurang
terselubungi roh kudus sehingga masih harus dibaptis lagi oleh Yahya sang
pembaptis? Lalu dengan apa Yahya membaptis orang banyak sebelum Yesus
lahir?, bukankah dengan Roh Kudus? maka berarti roh kudus tersebut telah ada
sebelum Yesus lahir! Bagaimana dengan Tritunggal? Mengapa roh kudus sudah
hadir sebelum Yesus? Kalau kita memakai kerangka berpikir UK akan menjawab,
bahwa Yesus sebagai Tuhan itu sendiri telah ada sebelum Yesus dilahirkan
dalam wujud manusia, tapi bila kita terapkan logika ini, dengan apa Yesus
dibaptis? Bukankah roh kudus sebagai salah satu oknum tritunggal juga
melekat dengan pribadi Yesus-yang menurut versi UK adalah 100% manusia juga
100% Tuhan.

Lihatlah Perjanjian Baru Yohanes 16:7
"Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu,
jika aku pergi. sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan
datang kepadamu, tetapi jikalau aku pergi, aku akan mengutus Dia kepadamu."
Bila ditanyakan pada UK, "SIAPAKAH SANG PENGHIBUR ITU?" dengan serentak UK
akan menjawab "ROH KUDUS!" Bukankah roh kudus sebagai salah satu oknum
tritunggal melekat juga pada diri Yesus? Tetapi bila kita menganggap sang
penghibur adalah "roh kudus" dimana ia baru akan datang bila Yesus pergi,...
berarti pada saat Yesus sedang mengatakan itu, sang penghibur (roh kudus
menurut UK) sedang tidak ada! Karena ia belum datang! Karena sang penghibur
("roh kudus") itu baru akan datang jika Yesus pergi! Ini berarti: Yesus
adalah satu hal, dan sang penghibur (Roh Kudus) adalah hal yang lain lagi!
Karena itu tidak bisa dikatakan bahwa roh kudus melekat pada diri Yesus yang
menurut versi UK adalah 100%manusia dan 100% Tuhan.

Premis Mayor: sesuatu yang baru akan datang bila sesuatu lainnya telah
pergi, tidaklah sama dan tidak melekat satu sama lain.
Premis Minor: Roh Kudus baru akan datang bila Yesus telah pergi
Kesimpulan: Roh Kudus tidaklah sama dan tidak melekat dengan diri Yesus.

Dengan demikian pecahlah sudah keseluruhan doktrin tritunggal: tiga dalam
satu dan satu dalam tiga, karena terbukti bahwa tidak ada keterkaitan yang
bisa dibuktikan dalam ketiga oknum yang diyakini UK sebagai tritunggal
tersebut, selain hanya persangkaan belaka!

***

Roh Tuhan Bukan Monopili Yesus

Salah satu argumen orang Kristen untuk memper-Tuhankan seorang manusia
seperti
Yesus menjadi Tuhan adalah karena Yesus mendapat Roh Kudus atau Roh Tuhan.

"Kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa, dan dari Yesus
Kristus, Anak Bapa, akan menyertai kita dalam kebenaran dan kasih." (II
Yohannes 1:3)

Padahal yang mendapat atau diperkuat dengan roh Kudus atau Roh Tuhan itu
bukan
cuma Yesus, tapi juga banyak manusia lainnya misalnya Salomo, Otniel,
Gideon,
Yefta, Simson, Yahaziel, Bezaleel, Azarya, Saul, dll.

"Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di
tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah
Roh TUHAN atas Daud.

"Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN, maka TUHAN membangkitkan seorang
penyelamat bagi orang Israel, yakni Otniel, anak Kenas adik Kaleb.
Roh TUHAN menghinggapi dia dan ia menghakimi orang Israel. Ia maju
berperang,
lalu TUHAN menyerahkan Kusyan-Risyataim, raja Aram, ke dalam tangannya,
sehingga ia mengalahkan Kusyan-Risyataim." (Hakim-hakim 3:9-10)

"Pada waktu itu Roh TUHAN menguasai Gideon; ditiupnyalah sangkakala dan
orang-orang Abiezer dikerahkan untuk mengikuti dia." (Hakim-hakim 6:34)

"Lalu Roh TUHAN menghinggapi Yefta; ia berjalan melalui daerah Gilead dan
daerah Manasye, kemudian melalui Mizpa di Gilead, dan dari Mizpa di Gilead
ia
berjalan terus ke daerah bani Amon." (Hakim-hakim 11:29)

"Lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan memberi nama
Simson
kepadanya. Anak itu menjadi besar dan TUHAN memberkati dia.
Mulailah hatinya digerakkan oleh Roh TUHAN di Mahane-Dan yang terletak di
antara Zora dan Esytaol." (Hakim-hakim 13:24-25)

"Lalu Yahaziel bin Zakharia bin Benaya bin Matanya, seorang Lewi dari bani
Asaf, dihinggapi Roh TUHAN di tengah-tengah jemaah," (II Tawarikh 20:14)

"Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
"Lihat, telah Kutunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda,
dan telah Kupenuhi dia dengan Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian dan
pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan," (Keluaran 31:1-3)

"Azarya bin Oded dihinggapi Roh Allah." (II Tawarikh 15:1)

Tetapi Roh TUHAN telah mundur dari pada Saul, dan sekarang ia diganggu oleh
roh jahat yang dari pada TUHAN." (I Samuel 16:13-14)

Jadi bukan cuma Yesus saja yang mendapatkan Roh Allah atau Roh Tuhan, tapi
banyak orang lain yang mendapatkannya.

Wassalam,
HMNA