Pak Kinantaka,

Melayani atau memenuhi kebutuhan biologis menjadi kewajiban istri
dengan bahasa agamanya menjadi ibadah yang wajib bagi seorang istri
tapi kekhwatiran terhadap keselamatn jani yang dikandung posisinya
lebih diutamakan dari ibadah wajib.

Contohnya seorang perempuan hamil boleh saja tidak berpuasa wajib
dibulan Ramadhan jika ada kekhawatiran bahwa janin nya akan terganggu
dengan aktifitas ibadah wajib dibulan ramadhan yaitu berpuasa.

Makanya istri Pak Kinantaka berhak mengajukan "prei" karana alasan
kekhawatiran terhadap keselamatan janin yang dkandung.

Hanya saja seperti kasus wanita hamil yang tidak berpuasa dibulan
ramadhan diharuskan membayar kafarat atau kompensasi dari
"ketidakmampuanya" maka istri Pak Kinantaka juga diharuskan memberikan
kompensasi yang serupa. Bisa saja usulan Pak Sabri jadi alternatif
untuk kompensasi???:)

Saya setuju dengan usulan Pak DWS untuk berkonsultasi kepada ahlinya
(dokter kandungan) sehingga istri anda juga bisa lebih memahami
situasi yang sebenarnya. Mudah-mudahan bisa menyelesaikan masalah.

Tapi kalau pun Istri anda masih tetap tidak "mampu" melayani anda,
maka giliran anda untuk bisa menjadi teladan sebagai suami
sholeh...salah satu ciri suami sholeh versi Rasul yaitu suami yang
paling lembut kepada istrinya....lembut dalam arti tidak boleh
memaksa..lagi pula kepepet..pepet banget mah onani aja pake
sabun...paling lama cuman 2 bulan ini kan??? ...balance lah sama istri
anda yang 9 bulan musti tersiksa lahir bathin..:)

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Kinantaka <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ketakutan yg berlebihan dari istri saya akan janin yg dikandungnya,
kayaknye
> lebih dominan dibanding dengan ngurusi 'kebutuhan' saya...
>
> hehehe...
> ada kajian fiqh-nya ga ttg masalah ini?
>
> mohon pencerahan nya,
> kinantaka

Planet

Planet

Check out the new improvements in Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/6pRQfA/fOaOAA/yQLSAA/aYWolB/TM