Sunat adalah perjanjian antara Allah dengan Abraham
mengenai keturunannya yang diberi hak property atas
Tanah Kanaan. Yang bukan keturunan Abraham tidak
terikat oleh perjanjian itu, jadi tak perlu bersunat.
Saya tidak dan andapun sebenarnya juga tidak. Kecuali
kalau anda memang Yahudi atau keturunan Arab seperti
Habib Rizieg atau budak mereka.

Kejadian 17:6-11
17:6 Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat
banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan
dari padamu akan berasal raja-raja.
17:7 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan
engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi
perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan
Allah keturunanmu.
17:8 Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan
negeri ini yang kaudiami sebagai orang asing, yakni
seluruh tanah Kanaan akan Kuberikan menjadi milikmu
untuk selama-lamanya; dan Aku akan menjadi Allah
mereka."
17:9 Lagi firman Allah kepada Abraham: "Dari pihakmu,
engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan
keturunanmu turun-temurun.
17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang,
perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu,
yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
17:11 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan
menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.
17:12 Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat,
yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun:
baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan
uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk
keturunanmu.

Kalau soal daging babi baca ini:
Markus 7:14-23
7:14 Lalu Yesus memanggil lagi orang banyak dan
berkata kepada mereka: "Kamu semua, dengarlah
kepada-Ku dan camkanlah.
7:15 Apapun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang,
tidak dapat menajiskannya, tetapi apa yang keluar dari
seseorang, itulah yang menajiskannya."
7:16 (Barangsiapa bertelinga untuk mendengar hendaklah
ia mendengar!)
7:17 Sesudah Ia masuk ke sebuah rumah untuk menyingkir
dari orang banyak, murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya
tentang arti perumpamaan itu.
7:18 Maka jawab-Nya: "Apakah kamu juga tidak dapat
memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu
dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat
menajiskannya,
7:19 karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam
perutnya, lalu dibuang di jamban?" Dengan demikian Ia
menyatakan semua makanan halal.
7:20 Kata-Nya lagi: "Apa yang keluar dari seseorang,
itulah yang menajiskannya,
7:21 sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala
pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan,
7:22 perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan,
hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan.
7:23 Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan
menajiskan orang."

--- "H. M. Nur Abdurrahman" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
>
> Dosa Warisan
> Ajaran Taurat/Musa
> Dosa orang tua tidak diwariskan kepada anak.
> Yehezkiel 18:20 Ajaran Yesus
> Mengajarkan untuk memohon ampun dosa diri sendiri.
> Matius 6:6
> Ajaran Paulus
> Yesus disalib karena dosa manusia lainnya (dosa-dosa
> kita.) Galatia 1:3-4
>
> Itulah sebabnya saya katakan dalam postingan yang
> lalu perbincangan ini
> tidak ada ujung-ujungnya, karena bicara teologi, ada
> perbedaan antara ajaran Yesus dengan ajaran Paulus:

http://mail.yahoo.com

See what's inside the new Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/2pRQfA/bOaOAA/yQLSAA/aYWolB/TM

Galang Dana Untuk Korban Gempa Yogya melalui Wanita-Muslimah dan Planet Muslim.
Silakan kirim ke rekening Bank Central Asia KCP DEPOK No. 421-236-5541 atas
nama RETNO WULANDARI.

Mari berlomba-lomba dalam kebajikan, seberapapun yang kita bisa.