SATO: Yang didalam kurung adalah jawaban saya di
posting ini. Untuk diketahui semua posting saya harus
melewati sensor moderator, jadi bisa baru keluar
sekitar seminggu, atau tak keluar sama sekali.
-------

WD : Apa yang mas Sato kutip justru menjelaskan apa
yang dimaksud oleh mbak Lina. Bahkan kalau kita coba
teliti lebih jauh lagi ada kemungkinan bahwa yang
ditangkap sampai disalib itu bukan Yesus. Terdapat
banyak kesan penyangkalan yang dilakukan oleh si
tertangkap sebagaimana kutipan mas Sato di bawah ini :

***

Ini saya berikan teks lengkapnya Matius 26:57-68 :

26:57 Sesudah mereka menangkap Yesus, mereka
membawa-Nya menghadap Kayafas, Imam Besar. Di situ
telah berkumpul ahli-ahli Taurat dan tua-tua.
26:58 Dan Petrus mengikuti Dia dari jauh sampai ke
halaman Imam Besar, dan setelah masuk ke dalam, ia
duduk di antara pengawal-pengawal untuk melihat
kesudahan perkara itu.
26:59 Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama
mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya Ia
dapat dihukum mati,
26:60 tetapi mereka tidak memperolehnya, walaupun
tampil banyak saksi dusta. Tetapi akhirnya tampillah
dua orang,
26:61 yang mengatakan: "Orang ini berkata: Aku dapat
merubuhkan Bait Allah dan membangunnya kembali dalam
tiga hari."
26:62 Lalu Imam Besar itu berdiri dan berkata
kepada-Nya: "Tidakkah Engkau memberi jawab atas
tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?"
26:63 Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar
itu kepada-Nya: "Demi Allah yang hidup, katakanlah
kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau
tidak."
26:64 Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan
tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan
melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang
Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit."

***

WD : ini seolah-olah si tertangkap itu hendak
mengatakan : "Itu kan kamu sendiri yang bilang. Tetapi
aku bukan dia (Yesus). Engkau salah tangkap. Yang
benar adalah dia (Yesus) itu selamat dan sedang dalam
perlindungan Allah ( = anak manusia duduk di sebelah
kanan Yang Maha Kuasa = selamat)"
Dan mengapa Petrus menyangkal Yesus sampai tiga kali?
Karena yang dia lihat tertangkap itu memang bukan
Yesus! Dia melihat yang ditangkap itu orang lain,
hanya mirip saja!

(SATO: Saya jelaskan, sekalian berdakwah hehehehe ..
Bahwa Petrus menyangkal Yesus sampai tiga kali karena
kelemahan imannya pada Yesus, itu sudah dikatakan
Yesus  kepadanya beberapa saat sebelum Yesus ditangkap
di Taman Getsemani.

Lukas 22:33-34
22:33 Jawab Petrus: "Tuhan, aku bersedia masuk penjara
dan mati bersama-sama dengan Engkau!"
22:34 Tetapi Yesus berkata: "Aku berkata kepadamu,
Petrus, hari ini ayam tidak akan berkokok, sebelum
engkau tiga kali menyangkal, bahwa engkau mengenal
Aku."

***

26:65 Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan
berkata: "Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu
saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya.
26:66 Bagaimana pendapat kamu?" Mereka menjawab dan
berkata: "Ia harus dihukum mati!"
26:67 Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya;
orang-orang lain memukul Dia,
26:68 dan berkata: "Cobalah katakan kepada kami, hai
Mesias, siapakah yang memukul Engkau?"

***

WD : kasihan sekali, bagaimana mungkin Yesus akan
mengalami semua hinaan ini? yang seharusnya adalah
orang lain yang terhukum atas namanya karena niatnya
hendak menyelakakan Yesus. Dia yang menggali lobang
untuk orang lain tapi justru dia yang akan terperosok
ke dalamnya.

(SATO: Itu bagian dari NUBUAT Taurat dan kitab
nabi-nabi mengenai MESIAS yang DIGENAPI Yesus. Bahwa
Mesias itu akan dilahirkan oleh seorang perawan, bahwa
Dia akan ditolak orang Yahudi, bahwa Dia akan
dielu-elukan memasuki kota Yerusalem dengan menunggang
keledai, bahwa Dia akan dihina, dipukuli, diludahi,
bahwa kaki dan tangannya akan dipaku, disalib diantara
penjahat-penjahat, lambungnya ditikam, bahwa Dia akan
mati dengan kematian yang mengenaskan, bahwa Dia akan
bangkit kembali dengan mengalahkan maut pada hari
ketiga, naik ke surga dan duduk di sebelah kanan Allah
Bapa, semua nubuat Allah itu digenapkan dengan
sempurna oleh Yesus.)

***

SATO: Dan bukankah dalam hampir setiap pembicaraan dan
khotbahnya Yesus menyebut Allah sebagai Bapa? Dan Dia
adalah Anak? Itulah yang dipersoalkan Khomeini, ehh
Imam Besar Kayafas. Dan ini Lukas 22:63-71 :

22:71 Dan orang-orang yang menahan Yesus,
mengolok-olokkan Dia dan memukuli-Nya.
22:64 Mereka menutupi muka-Nya dan bertanya: "Cobalah
katakan siapakah yang memukul Engkau?"
22:65 Dan banyak lagi hujat yang diucapkan mereka
kepada-Nya.

***

WD : kasihan sekali, sungguh Allah telah menyelamatkan
Yesus dari hinaan semacam ini.

(SATO: Allah telah menjanjikan semuanya dalam Kitab
Taurat dan kitab nabi-nabi, dan Yesus diutus ke Bumi
untuk menjalani semua itu, menggenapi nubuat yang
dijanjikan-Nya mengenai Mesias, Juru Selamat, AnakNya
Yang Tunggal yang diutus ke Bumi untuk meluruskan
jalan dan menebus dosa manusia.)

***

22:66 Dan setelah hari siang berkumpullah sidang para
tua-tua bangsa Yahudi dan imam-imam kepala dan
ahli-ahli Taurat, lalu mereka menghadapkan Dia ke
Mahkamah Agama mereka,
22:67 katanya: "Jikalau Engkau adalah Mesias,
katakanlah kepada kami." Jawab Yesus: "Sekalipun Aku
mengatakannya kepada kamu, namun kamu tidak akan
percaya;
22:68 dan sekalipun Aku bertanya sesuatu kepada kamu,
namun kamu tidak akan menjawab.
22:69 Mulai sekarang Anak Manusia sudah duduk di
sebelah kanan Allah Yang Mahakuasa."

***

WD : ini semua berkesan penolakan : hey, kamu ini
bagaimana? saya ini bukan Yesus itu yang kamu buru.
Sekalipun aku sudah berulang kali mengatakannya
kepadamu tetapi kamu tidak percaya. Percayalah kalian
salah tangkap, dan sekarang dia (Yesus) itu telah aman
dalam perlindungan Allah ( = duduk di sebelah kanan
Allah = dalam perlindungan Allah, aman).

(SATO: Bahwa diri-Nya akan ditangkap dan disiksa, itu
sudah diketahui Yesus lebih dulu dan diketakan kepada
murid-muridnya. Dan Dia tidak menghindar dari itu
karena merupakan bagian dari penggenapan nubuat Allah
bagi Messias, Juru Selamat. Cermati apa yang dikatakan
Yesus kepada murid-muridnya ini:
'Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan
ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli
Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari.'
(Markus 8:31).

Yesus mengulangi perkataan ini saat dalam perjalanan
melewati Galilea (Markus 9:30-31), dan dalam
perjalanan
ke Yerusalem (Markus 10:32-34). Yesus juga mengatakan:
'Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali.
Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan
Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku
berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya
kembali.' (Yohanes 10:18).

Jadi yang ditangkap itu jelas Yesus, bukan orang lain.
Karena Dia sendiri menginginkannya.)

***

22:70 Kata mereka semua: "Kalau begitu, Engkau ini
Anak Allah?" Jawab Yesus: "Kamu sendiri mengatakan,
bahwa Akulah Anak Allah."

***

WD : itu kan kamu yang bilang sendiri! aku tidak
pernah mengatakannya demikian!

(SATO: Berkali-kali Yesus mengatakan bahwa Dia adalah
Anak Allah. Berikut ini hanya sebagian diantaranya:

'Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang
mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak
menghidupkan barang siapa yang dikehendaki-Nya.'
(Yohanes 5:21)
'Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba
dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar
suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan
hidup.' (Yohanes 5:25)
'supaya semua orang menghormati Anak sama seperti
mereka menghormati Bapa' (Yohanes 5:23).
'Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau
tidak melalui Aku.' (Yohanes 14:6).

Dan cermati dialog ini: Yohanes 10:23-39
10:23 Dan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di
serambi Salomo.
10:24 Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan
berkata kepada-Nya: "Berapa lama lagi Engkau
membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau
Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami."
10:25 Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya
kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya;
pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku,
itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,
10:26 tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak
termasuk domba-domba-Ku.
10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku
mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
10:28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada
mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai
selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut
mereka dari tangan-Ku.
10:29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih
besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat
merebut mereka dari tangan Bapa.
10:30 Aku dan Bapa adalah satu."
10:31 Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu
untuk melempari Yesus.
10:32 Kata Yesus kepada mereka: "Banyak pekerjaan baik
yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu;
pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu
mau melempari Aku?"
10:33 Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena
suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau,
melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena
Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja,
menyamakan diri-Mu dengan Allah."
10:34 Kata Yesus kepada mereka: "Tidakkah ada tertulis
dalam kitab Taurat kamu: Aku telah berfirman: Kamu
adalah allah?
10:35 Jikalau mereka, kepada siapa firman itu
disampaikan, disebut allah--sedang Kitab Suci tidak
dapat dibatalkan--,
10:36 masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan
oleh Bapa dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia:
Engkau menghujat Allah! Karena Aku telah berkata: Aku
Anak Allah?
10:37 Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan
Bapa-Ku, janganlah percaya kepada-Ku,
10:38 tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak
mau percaya kepada-Ku, percayalah akan
pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui
dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam
Bapa."
10:39 Sekali lagi mereka mencoba menangkap Dia, tetapi
Ia luput dari tangan mereka.)

***

22:71 Lalu kata mereka: "Untuk apa kita perlu
kesaksian lagi? Kita ini telah mendengarnya dari
mulut-Nya sendiri."

***

WD: ini memang aneh, tetapi kesan salah tangkap itu
masih tetap ada di perjanjian baru. Ini sesuai dengan
informasi al-Qur'an bahwa yang ditangkap sampai
disalib adalah orang lain yang diserupakan (mirip)
dengan
Yesus.

(SATO: Baca kembali ke atas ayat-ayat yang saya
sodorkan kemudian renungkan dan renapi.)

Salam,

http://mail.yahoo.com