Chae:
kumaha atuh Abah...sikap Abah sebagai seorang ulama tanah air terhadap
fenomena di puncak??
-----------------------------
HMNA:
Pertanyaan saya, apakah yang di Puncak itu sama betul dengan apa yang
diceritakan Bung Karno di suatu tempat  di  Jawa  Barat pada sebuah  rumah
"penghulu" dalam Seri 223 di bawah? Atau sama dengan "travellers' marriage"
pelaut Bugis? Atau ada yang seperti yang pertama, ada pula seperti yang
kedua. Kalau kedua jenis itu ada di Puncak, maka harus dipilah-pilah, jangan
pukul rata. Siapa yang bisa memberikan kepada saya informasi yang akurat?
Wassalam,

BISMILLA-HITTAHMA-NIRRAHIYM

WAHYU DAN AKAL - IMAN DAN ILMU
[Kolom Tetap Harian Fajar]
223. Antara Fiqh, Normatif dan Rechtmatigheid
     dengan Hakikat, Fundamental dan Doelmatigheid

    OBT, seorang mahasiswa ITB dahulu mendapat tugas sarjana pada
bagian mesin  yaitu  merancang (to design). Tugas sarjana OBT itu
adalah merancang ketel (al ghallayah, boiler). Dalam sidang ujian
meja  OBT mendapat serangan  dari bidang hukum.  Rancangan  ketel
OBT tersebut melanggar Undang-undang  Keselamatan  Kerja  (UUKK).
Fasalnya,  OBT  cuma memakai satu buah pompa pengisi  air  ketel,
sedangkan ketentuan dalam UUKK pompa pengisi air ketel harus  dua
buah.  UUKK turut campur dalam urusan ketel ini oleh karena  jika
pompa pengisi air ketel macet, sedangkan tidak ada pompa reserve,
maka ketel akan meledak, jadi harus dilindungi oleh hukum.

    Dalam  rancangan  ketel OBT itu,  OBT  capek-capek  merancang
mekanisme pengontrol untuk mencegah ledakan. Begitu pompa pengisi
air ketel macet, mekanisme itu bekerja dan dalam sekejap itu juga
api dalam ketel padam, sehingga tidak akan terjadi ledakan. Tentu
saja OBT ngotot  mempertahankan  rancangannya  itu. OBT menjawab,
bahwa  secara normatif dia itu kelihatannya  tidak  memperdulikan
keselamatan  karyawan pabrik (baca melanggar UUKK),  akan  tetapi
secara fundamental OBT  sungguh-sungguh memperhatikan keselamatan
karyawan pabrik. Ketentuan normatif UUKK harus mempergunakan  dua
buah pompa pengisi air ketel, secara fundamental telah digantinya
dengan  mekanisme  pengontrol yang mencegah ledakan.  Atau  dalam
bahasa hukum, jangan hanya dilihat dari segi yang  rechtmatigheid
menurut  UUKK  secara kaku, melainkan sangat  patut  pula  dengan
sungguh-sungguh  dilihat  dari  segi  yang  doelmatigheid,  yaitu
tercegahnya bahaya peledakan oleh mekanisme pengontrol.

                              ***

    Penghuni  asrama  mahasiswa OBT rumah  G  (barrac)  mempunyai
keunikan  dalam  bermain bola. Apabila  kekurangan  pemain,  maka
wasit ikut main di salah satu pihak. Dapat dibayangkan jika wasit
ikut main, maka bagaimanapun juga sukar untuk jadi obyektif,  dan
itu manusiawi.

    Barangkali  terbentuknya  KIPP  (Komite  Independen  Pengawas
Pemilu)  ataupun (Komisi Intelektual Peduli Pemilu)  antara  lain
didorong  oleh adanya sifat "manusiawi" dalam  kalangan  birokrat
yang   di  samping  sebagai  panitia  pelaksana   Pemilu   (tahap
pendaftaran,  pemungutan  dan  perhitungan  suara),  adalah  pula
anggota  Korpri  yang berafiliasi pada Golkar.  Jadi  ia  sebagai
wasit  juga sekali gus sebagai pemain, dan ini  ada  persamaannya
dengan  permainan bola unik yang diceritakan di atas  itu.  Tidak
persis  sama betul, oleh karena permainan bola di atas itu  hanya
main-main saja, sedangkan aktivitas Pemilu tidaklah main-main.

    Secara  normatif KIPP tidak seperti Panwaslak.  Sebagai  unit
pemantau KIPP berada di luar sistem panitia Pemilu, karena  tidak
ada  dalam  undang-undang. Akan tetapi  dilihat  secara  hakikat,
bukankah  rakyat  seluruhnya diminta pula mengawasi  Pemilu.  Apa
salahnya  rakyat  membentuk  unit organisasi  semacam  KIPP  itu.
Apabila  jalannya  Pemilu bersih dalam arti Luber  (istilah  yang
normatif), dan Jurdil (istilah yang tidak normatif) akan dipantau
pula  oleh KIPP yang akan disebar luaskan. Bukankah itu  menolong
mempertinggi  keyakinan  rakyat  tentang  suksesnya  Pemilu?  Dan
adaikata  belum  Luber  betul ataupun belum  Jurdil  betul,  jika
disebar  luaskan oleh KIPP dilihat dari segi  hakikat,   bukankah
KIPP  membantu  pula untuk apa yang  dikehendaki  bersama,  yaitu
sifat  keterbukaan? Bahkan ini dapat memacu mempertinggi  kinerja
dan  kejurdilan  Panitia (yang normatif) untuk Pemilu  yang  akan
datang?

                              ***

    Satu generasi sebelum generasi saya adalah generasi  terakhir
yang masih menjumpai Selayar sebagai penghasil jeruk manis.  Jika
musim jerus manis tiba, maka aktiflah pula pedagang musiman  yang
berdagang  jeruk manis. Modal pedagang musiman itu  berasal  dari
hasil  "penjualan"  ringgit  emas pada  "pedagang  khusus"  emas.
Seperti  lazimnya  harga  jual emas  berbeda  dengan  harga  beli
(bandingkan  misalnya harga beli uang seumpama $  berbeda  dengan
harga  jualnya  di bank). Biasanya waktu itu harga  jual  ringgit
emas 2% lebih rendah,  sedangkan  harga beli lebih tinggi 2% dari
harga  di  pasar  bebas. Setelah  pedagang  musiman  itu  selesai
berdagang  jeruk,  maka mereka itu pergi  pula  kepada  "pedagang
khusus"  emas  yang bersangkutan menanyakan apakah  ada  tersedia
ringgit  emas  yang  akan "dijual". Maka  "pedagang  khusus"  itu
menjawab tersedia ringgit emas yang akan "dijual", yang jumlahnya
sebanyak  keping ringgit emas yang pernah "dijual" oleh  pedagang
musiman  itu  kepada  "pedagang  khusus"  itu  sebelumnya.   Maka
terjadilah pula transaksi "jual-beli", sehingga pedagang  musiman
itu  memperoleh lagi keping ringgit emasnya, yang  akan  "dijual"
nanti  pada musim jeruk tahun berikutnya untuk mendapatkan  modal
berdagang jeruk.  Namun  transaksinya berbeda dengan harga pasar,
harga jual dahulu 20% lebih  rendah,  namun  harga beli 20% lebih
tinggi dari "pedagang  khusus" emas itu ketimbang harga pasar .

    Apa  yang  terjadi dalam proses jual beli  ringgit  emas  itu
tidak  melanggar  syari'at  menurut  penjabaran  fiqh.  Ketentuan
syari'at menurut Al Quran:

    Ahalla  Llahu lBay'a wa Harrama rRibaw- (S.Al Baqarah,  275).
Allah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba (2:275).

    Akan  tetapi kalau kita melihatnya menurut kacamata  hakikat,
maka  proses  "jual-beli" antara "pedagang  khusus"  emas  dengan
pedagang  musiman  itu berbeda dengan  kacamata  fiqh.  "Pedagang
khusus"  emas itu pada hakikatnya adalah bankir  gelap,  rentenir
pemakan  riba yang biasa dijuluki dengan ungkapan  lintah  darat,
yang mendapat keuntungan 40% dalam waktu 2 bulan.

                              ***

    Dalam buku Di Bawah Bendera Revolusi karangan Bung Karno  ada
pula cerita yang menarik. Walaupun buku itu sudah tidak ada  pada
saya  (dipinjam  teman  dan  tidak  dikembalikan),  namun   masih
mengendap  dalam  ingatan  saya. Di suatu tempat  di  Jawa  Barat
terdapat   sebuah  rumah  "penghulu".  Orang  yang   menginginkan
"isteri" dapat datang ke rumah itu yang menyediakan "calon-calon"
isteri.  Apabila  terjalin kesepakatan antara  yang  bersangkutan
dengan "penghulu" dan "calon isteri", maka "yang mencari  isteri"
dinikahkanlah  dengan "calon isteri" oleh "penghulu", di  hadapan
para "saksi". Bung Karno mengeritik hal ini, bagaimana  pelacuran
dapat dihalalkan dengan upaya fiqh. Bukankah secara hakikat "yang
mencari   isteri"  itu  adalah  pelanggan  yang  hidung   belang,
"penghulu"  pada  hakikatnya  adalah germo,  "calon  isteri"  itu
secara  hakikat adalah pelacur, dan para "saksi" adalah  karyawan
rumah bordel itu? WaLlahu A'lamu bi shShawab.

*** Makassar 14 April 1996
    [H.Muh.Nur Abdurrahman]