Assalamu’alaikum wr wb,

Terima kasih banyak Herni, atas tawaran masakannya.  Maaf nggak bilang2,
soalnya waktunya mepet sekali.
Pilihan untuk main ke Amasterdam juga mendadak, diputuskan waktu “ngepos” di
Brussels,
yaitu bergabung dg biro wisata yang dikelola oleh pihak hotel tempat kami
menginap.
Juga bisa dibayangkan kalau kita jalan2 bareng rombongan wisata, jadwalnya
ketat, jadinya terbirit-birit deh ….
Setelah dari Eropa, kami lanjutkan perjalanan ke Indonesia, tapi cuma 2
minggu.
Sebab anak harus masuk sekolah lagi setelah 2 bulan libur musim panas.

Smoked cheese itu ternyata enak ya, saya suka yang mengandung bumbu dari
herbs & garlic.
Tapi saya nggak bisa banyak2 makan keju, atau minum susu.  Karena perut saya
ini lactose intolerance.
Ini sudah sejak dari kecil, sehingga sampai umur segini saya kurang banyak
minum susu, karena akan buang2 air.
Padahal untuk wanita seusia saya, adalah sangat penting untuk mengkonsumsi
susu guna mencegah osteoporosis.
Tapi saya sendiri juga punya osteoartritis.  Ada pengapuran di lutut dan
tulang tumit (tumbuh kapur di tulang tumit berbentuk lancip, seperti taji
ayam.
Terasa nyeri menusuk-nusuk).  Lutut terasa nyeri saat menuruni tangga.  Jadi
dokter melarang saya minum susu.
Kalsium juga bisa diperoleh dari sayuran.
Kemarin saya lihat acara ttg wanita di TV, bahwa kalsium bisa diperoleh dari
mengkonsumsi ikan salmon dan sarden.
Cara untuk mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis adalah menurunkan
berat badan :-(
Ini yang susyah bagi saya yang doyan nyicipi makanan2 baru.

Jadi Herni di Den Haag ya?  Enak ya, di sana tersedia masakan Indonesia.
Saya di sini harus menanam sereh, lengkuas, kunyit, jeruk wangi.
Semuanya di pot dan ditempatkan di balkon, karena saya tinggal di apartemen.

Belum berani saya petik, masih terlalu kecil.  Padahal pohon lengkuas
nantinya akan jadi besar, musti dipindah ke pot besar.
Untungnya waktu singgah di Brussels, saya bisa dapatkan sereh/lemon grass
paste, juga lengkuas/galangal paste, serta petis udang.
Semuanya dikemas di botol kaca, produk dari Thailand.
Jadi sekarang bumbu2 saya gunakan yang dari botolan saja, sambil menunggu
tanaman2 saya pada besar dan layak petik.

Wassalam,
Flora