Puasa 12 : Meriam Bambu
Aisha Y

Di tv ada tayangan tentang kebiasaan anak-anak laki-laki di daerah Jawa
(lupa Jateng atau Jatim, pokoknya di suku Jawa), di pedesaan ada kebiasaan
membuat dan meledakkan meriam dari bambu dengan bantuan karbit dan air bisa
membuat ledakan keras seperti meriam. Kebiasaan ini umumnya dilakukan
menjelang buka puasa.

Di beberapa pedesaan di daerah sunda juga ada kebiasaan ini, katanya disebut
lodong (?), ada yang memainkannya setelah sahur, ada juga di saat menjelang
buka (ngabuburit).

Katanya tv, ini cara kuno dari main ledak-ledakan.  Yang modernnya itu
petasan. Yang tidak saya mengerti kenapa di bulan puasa, marak main
ledak-ledakan ini. Saya sering terkaget-kaget setengah mati kalau pas di
jalan ada yang meledakkan petasan. Belum pernah melihat secara langsung
ledakan meriam bambu tapi temannya orang tua yang tinggal di desa dan sakit,
sampai harus pindah dulu selama bulan puasa ke rumah anaknya di kota karena
selalu terkaget-kaget dengan ledakan meriam bambu ini. Rupanya ada kelompok
anak muda di satu desa yang perang-perangan dengan kelompok muda lainnya di
desa tetangga dengan meriam bambu ini.  Herannya kata keluarga itu, di sana
ada pesantren tapi para kiai di sana tidak ada yang berani menegur kelompok
yang perang-perangan dengan meriam bambu ini. Apa memang ini ada sejarahnya
di Arab, misalnya kebiasaan ledak-ledakan saat bulan puasa? Kok saya gak
pernah dengar ceritanya ya? Atau ini hanya karena pada dasarnya manusia ini
(khusus laki-laki) suka dengan suara ledakan keras atau suka
perang-perangan?

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: