Kang Radityo,

Dalam tradisi Sunda, semboyan "Silih Asih, Silih Asah, Silih Asuh" (SILAS:
susunannya memang begitu, bukan "Asah" dulu; kata "Silih" itu sendiri telah
diterjemahkan dalam tulisan yang dikutip Kang Radityo menjadi "saling" dan
itu cukup memadai) memiliki makna tertentu. Sedikitnya, masing-masing ada 18
makna untuk kata "Asih", "Asah", dan "Asuh". Kepada kawan (bukan Ebiet)
semua yang ingin mengetahuinya dapat menelusurinya dalam buku "Kasundaan
Rawayan Jati" (tulisan HR. Hidayat Suryalaga, diterbitkan oleh PT. Wahana
Raksa Sunda, www.sundanet.com) .

Saya tidak tahu, apakah "hubungan muslim barat yang saling Asah, Asih, Asuh"
itu dalam konteks SILAS sebagaimana dalam kultur Sunda? Memang, orang Sunda
sendiri saat ini banyak yang sudah kehilangan pemaknaan SILAS da tingal
hanya semboyan (bahasa Sundanya: :"cul dodg-dog tinggal igel", secara
ringkas berarti: tinggal hanya sekedar semboyan). Namun, masih banyak yang
menyimpan dan melaksanakan (mengamalkan) mustika itu secara diam-diam.
Mudah-mudahan para "paku alam" (bhs Arab: Al Autad) itu terus ada dan
menjadi keberkahan bagi seluruh alam.

Kata "Silih" itu sendiri, dapat berarti "saling" atau "menggantikan".
"Siliwangi" = saling mengharumkan atau menggantikan keharuman yang
terdahulu. Itu berlaku baik dalam makna leterlek atau kiasannya; berupa
sejarah atau transformasinya menjadi sebuah visi hidup. Dan,. saya kira, hal
itu pula merupakan nilai-nilai universal yang ada pada setiap budaya, hanya
ungkapannya saja yang berbeda-beda. Hidup bhineka tunggal ika.

Salam,
manAR

On 10/13/06, radityo djadjoeri <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>              Kantor Berita Common Ground
> Mitra Kemanusiaan (CGNews-MK)
> Bagi Hubungan Muslim-Barat yang Saling Asah, Asih, Asuh
>                 10 - 16 Oktober 2006
>                       Jika halaman ini tidak tampil sebagaimana mestinya,
> klik di sini.
>
> Kantor Berita Common Ground - Mitra Kemanusiaan (CGNews - MK) bertujuan
> mendorong perspektif dan dialog konstruktif yang berkaitan dengan hubungan
> Muslim-Barat. Layanan ini juga tersedia dalam bahasa Arab, bahasa Inggris
> dan bahasa Perancis. Untuk berlangganan, klik di sini.

> [...]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: