gara istri salah nulis tanggal di sms; saya menunda semua hal dan
akhirnya ndak jadi ke jakarta, hingga banyak waktu nongkrongin kompie nih.

1400 tahun islam di kuyo-kuyo oleh siapa?  Sejak menanklukan Mekkah,
Arab Islam mulai tumbuh menuju super power. Umar ibn Al Khattab
melakukan ekspansi besar-besaran sampai ke afrika, Persi ditaklukan,
Damaskus Jatuh. Muawiyah, mendirikan dinasti di damaskus dan MENGUBAH
cara pemilihan pemimpin secara demokrasi suku menjadi keturunan,
Muawiyah mengambil sistem Romawi, termasuk penggunaan mata uang, sistem
administrasi dan pengelolaan ketentaraan. Itu sebabnya Ali ibn Abu
Thalib keok, karena tentara Ali masih bersifat MILISI, tentara reguler
yang mulai dibangun oleh Umar banyak yg membela Muawiyah dan Akhirnya Yazid.

Keluarga Abbas dengan tulang punggung milisi persi pimpinan
Al-Khurassani dan dukungan milisi budak Kuffah, mengalahkan Muawiyah ;
pusat kekuasaan pindah ke Bagdhad. Dimulailah dinasti Abbasiyah yang
wilayahnya sampai mesir, eropa, asia selatan, barat, timur. Dinasti
Fatimmiyah menyingkir ke afrika barat dan menjadi super power di wilayah
tersebut. Itu selama 600 tahun ; Imperium Islam boleh dikatakan
menguasai dunia.

Malapetaka mulai datang, ketika abad 13 tentara Hulagu Khan dari mongol
dengan teknik serangan cepat dan bumi hangus meluluh lantakkan Bagdhad.
Dinasti Mamlluk di mesir berhasil menahan tentara mongol dan memukul
mundur tentara mongol, tapi bagdhad tak bisa ditolong lagi. Diasnti
Ummayah menyeberang ke sepanyol (melalui selat Giblaltar/ Jabal Tarikh)
dan Mendirikan Imperium CORDOVA. Turki Seljuk bangkit dan kembali
menyatukan wilayah-wilayah eks abbasiyah sampai dengan th 1924.

Imperium Islam baru bener-bener runtuh tahun 1924 ; Jadi selama 13 abad
Imperium Islam berjaya dan jadi super power.

Arab hancur karena " TAMAK " masing2 ingin jadi penguasa dan tidak mau
rukun, akhirnya pecahlah menjadi negeri-negeri kecil : Saudi Arabia,
suriah, Irak, Iran, Afghanistan, Lebanon, Yordania, Yaman, Tunisia,
Aljazair, Libya, Mesir, Turki, sekarang bertambah Uzbekistan,
Tatrjikstan dan banyak lagi saya ndak hapal. Cuma Iran yang berani
memakai nama resmi REPUBLIC ISLAM IRAN (Islamic Republic of Iran), Irak,
Suriah, Negara sosialis dibawah partai Baath. Muncul lagi Uni Emirat
Arab, Quwait. Yang dulunya menjadi wilayah Moghul, memerdekakan diri
menjadi Pakistan dan Bangladesh. Persaudaraan Islam hanya menjadi slogan
saja.

salam