1. azerbaijan, bangladesh, bosnia, turkey itu mayoritas islam.  di
croatia, georgia, macedonia, russia, islam minoritas.  perkataan pak
dana gak kena di sisi ini.  di 8 negara negara yg diteliti hofman itu,
baik muslim sebagaimayoritas daupun sebagaiminoritas, secara umum,
muslim lebih siap berdemokrasi.

2. dari freedom house, yg aku kutip dari penelitian hoffman, itu dari 47
negara yg mayoritas muslim.  11 sedang berproses menuju demokrasi, datu
satu negara sudah demokratis.  itu semua dalam kondisi negara berkembang
dan under developed lho .....  gak ada omongan ttg minoritas yg siap
berdemokrasi di sini.

3. kalo aku sih, lebih setuju ama kesimpulan hoffman.  yg ngaruh tuh
pendidikan.  kalo agama perannya mah, minor wae .... :D  nah kalo pak
dana mikir, minoitas lebih siap dgn demokrasi, apa alasannya ?

kalo di indonesia sih, suku tionghua dan orang katolik pada pinter
pinter.  pendidikan dan duit punya.  kayaknya sih emang lebih siap buat
berdemokrasi.  :D