Masak sih mbak,

mbak dinda tidak akan merasa bersalah berbuat jahat jika memang
karena ditakdirkan sama Allah, padahal perbuatan itu akan
mencelakakan atau merugikan orang lain?

Apa seorang manusia itu serendah itu potensinya?
Dimana sifat fitrah manusia yang hanif itu?

seorang atheis seperti R. Dawkins (ini musuhnya eyang HMNA ;-) ) saja
bilang kalo dia berbuat baik karena memang berbuat baik itu adalah
hal yang harus dilakukan untuk kebaikan bersama.

seorang Umar ra. pernah bilang, jika kita menghitung-hitung pahala
dengan dosa, maka tidak mungkin masuk surga. Yang membuat masuk surga
itu ridha-Nya belaka.

kalimat senada dengan umar juga dikemukakan oleh pendeta (kristen!!)
abad 18.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "dinda ." <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
>   Lalu kenapa harus ada ujian lagi, kayak guru saja atau kepala
> personalia yg "pengen tahu" potensi karyawan/wati atau calon
> karyawan/wati. Istilah 'ujian' oleh Allah itu cuma karangan para
> ustadz nggladrah. Di jlentrehkan lebih jauh, kita percaya pada
> 'suratan takdir' (qadla & qadar) kenapa masih harus ada ujian kalo
> perjalanan nasib anak manusia sudah ditulis di "lauh Mahfuz". Ini-
lah
> salah satu black-box ajaran agama.
>
>   ===============================================
>   Saya rasa Ustadz nya ga nggladrah, hanya mencoba memberi
penjelasan agar mudah dipahami.
>   Saya juga percaya suratan takdir, tapi saya rasa Allah pasti maha
baik dan maha pemurah.  Mungkin aja Dia akan merubah takdir kita
kalau kita memang mau berubah dan berusaha keras untuk berubah.
>   Nah kalau itu tidak berarti, apa dong gunanya Doa dan Ihktiar.
>   Kalau emang semua udah paten dan tak bisa diganggu gugat,
seharusnya ada tertulis dalam alquran atau hadis2 Nabi muhamad SAW
yang menegaskan kalau semua yang ada dibumi ini udah ditetapkan Allah
dan ga bisa diganggu gugat, jadi ga perlu lagi Allah menguji atau
apalah namanya.  Karena surga dan neraka uda dipastikan penghuninya
tanpa pertimbangan ulang.  Saya mohon di lampirkan ayat2 atau hadis
Nabi, agar saya ga ragu2 lagi jika suatu saat tiba2 berbuat jahat,
saya ga akan menyesalinya karena saya toh uda ditakdirkan untuk jadi
penjahat.  Atau sebaliknya.  Terimakasih.
>   Wassalam
>

> SIR BATS <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

salah saya simpulkan bahwa masalah kepemimpinan baik dalam keluarga
ataupun kenegaraan yang terkait dengan hak & kewajibannya...tidak
lebih merupakan UJIAN...tul ngga yach????

tersebut, siapa diantara mereka yang paling bertakwa, maka dibuatlah
si suami 'ga berdaya' dan istri 'penuh daya'