Pak Dana, awal mulanya krisis di Aljazair kan pada pemilu tahun 1991
di mana partai islam FIS menang, terus dibatalkan sama pihak militer.
FIS dibubarkan dan dinyatakan sebagai partai terlarang, aktivisnya
dikejar2. Wajar kalau mereka mengadakan perlawanan dan angkat senjata
terhadap pihak militer.

Aneh ya. Padahal pemilunya sendiri demokratis. Giliran partai Islam
yang menang terus dibatalkan begitu saja sama pihak militer. Negara
barat yang suka gembar-gembor soal demokrasi seperti Amerika, juga
diam dan tutup mata, tidak mengecam aksi yang dilakukan pihak militer
tersebut. Kalau misalnya militer tidak membatalkan hasil pemilu
tersebut, partai Islam menang dan memimpin tentu saja tidak terjadi
perang saudara.

Pak Dana harus banyak2 belajar sejarah untuk dapat mengenal mana sebab
mana akibat. Jadi tidak menggeneralisir bahwa golongan islam cenderung
untuk radikal. Dalam kasus FIS ini, mereka telah ambil jalan yang
konstitusional, tapi di-bypass oleh pihak militer. Coba, bagaimana ini
Pak, ditinjau dari sisi demokrasi?

wikan
http://wikan.multiply.com

On 3/5/07, Dan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ada banyak kelompok militan di sana. Mungkin spt DI/TII dulu negara2
>  kecil tidak resmi yg punya hukum sendiri.  Saya sendiri memang belum
>  check-recheck apakah benar ada fatwa dari pemuka negara2 kecil dalam
>  negara itu tapi dari larangan dari Deplunya Inggris utk berkunjung ke
>  sana berarti memang benar2 bahaya.
>
>  Jalur kereta api ke Maroko sudah lama ditutup, dan menurut BBC sering
>  diserbu dan penumpangnya pada dibantai.  BBC kalau udah ngomong enggak
>  sembarangan.  Bohongnya Blair mengenai WMD-nya Irak aja mereka yg
>  bongkar.  Dalam dunia moderen ada namanya integritas.

> [...]

Kirim email ke