Mitos adalah cerita-cerita jaman dulu yang tidak didasari bukti atau
realitas atau bukti sejarah. Sebagian dari cerita dalam kitab suci
ada jejak sejarahnya (seperti cerita tentang Fir aun, Musa, dsb)
sehingga dapat dilacak, tetapi sebagian dari kisah Fir aun dan Musa
itu juga ada yang tidak dapat dilacak dan menjadi mitos. Saya tidak
mempersoalkan percaya atau tidak sebab itu terserah masing-masing.
Hanya saja sayang sekali jika enerji dihabiskan untuk bertengkar
dalam soal-soal yang bersifat mitos. Soal keyakinan yang tidak dapat
disamakan,lha wong dari kecilnya sudah ditanamkan keykinan seperti
itu. Pertengkaran tidak akan habis dan tidak pernah berujung pada
titik temu. Kalau sudah tahu tidak akan ada titik temu, buat apa
berdebat tentang siapa yang paling benar? Silakan meyakini hal yang
oleh masing-masing dianggap benar.
Kembali ke soal keluarga Ibrahim. Gambaran bahwa Ibrahim meninggalkan
Hajar dengan Ismail di padang pasir gersang tanpa makanan dan air
mengesankan Ibrahim ternyata orang yang kejam kepada keluarganya
sendiri. Tapi benarkan Ibrahim seperti itu? Benarkah ia meninggalkan
Hajar dan Ismail di tengah gurun pasir sendirian? Berapa lama seorang
anak kecil (balita, atau bahkan lebih dari itu? Kalau Ismail dibuang
setelah Ishak lahir, tentu Ismail tidak bayi lagi) tahan di udara
panas dan kering tanpa air minum? Maka untuk mengurangi "gambaran
kejam" Ibrahim (yang belum tentu demikian), dibuatkan mitos tentang
munculnya air Zam-Zam. Bagi yang meyakini ya silakan, bagi yang
mempertanyakan ya silakan.
KM

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "L.Meilany" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Sekedar nimbrung,
> Pak KM,
> 1. Dari masalah 'mitos' memang manusia menjadi mengetahui hakikat
> dari hal tsb dan dapat menentukan sikapnya terhadap gejala2 itu.
> Agama adalah masalah keyakinan/kepercayaan. Jika dia percaya dan
yakin ikutilah ajarannya.
> Jika dulu orang Yunani percaya dengan para dewa - politeisme, maka
Islam menganut
> monoteisme. Intinya kan sama saja, selalu berubah- evolusi menuju
yang lebih baik.

> Karena kalo mau menggugat lagi,
> Umur dunia secara angka saja apakah di Islam dijelaskan?
> Di arkeologi ada zaman  10.000 SM- zaman plestosen, apakah memang
bumi umurnya segitu?
> Kemudian juga masalah evolusi. Yg berpendapat bahwa segalanya
berkembang, berubah.
> Kalo lihat buku sejarah zaman dulu, manusia bentuknya persis kayak
binatang kera, apakah memang demikian?
> Bagaimanakah kita menggambarkan Adam dan Hawa?
> Patung Ken Dedes yg konon cantiknya luar biasa dimasanya, di musium
nasional, wajahnya biasa saja kalo
> di ukur dengan perwajahan di zaman sekarang :-)
> Evolusi juga mengubah masalah umur kehidupan. Mungkin 300 tahun di
zaman dulu seperti 3 atau 10 tahun
> dimasa sekarang?
> Kita Islam mempercayai kehidupan di mulai sejak Adam, Adam itu di
tahun berapa SM, apakah ada yg tahu?
> Menurut kisah, setelah Adam dan Hawa harus keluar dari surga dan
turun ke bumi mereka berpisah selama 200 tahun.
> Adam diturunkan didaerah yg sekarang bernama India, sedangkan Hawa
di Irak. Mereka dipertemukan kembali
> setelah bertobat di Jabal Rahmah, Kita kan musti mempercayainya,
200 tahun hitungannya mungkin beda hitungan
> sekarang.
> Bagaimana sosok Adam apakah sama dengan manusia zaman sekarang,
jika kita lihat makamnya yg diluar
> ukuran manusia zaman sekarang?
> 200 tahun zaman dahulu kala tidak bisa dibandingkan dengan hitungan
sekarang, mungkin begitu.
> Lebih dulu manakah Adam dengan para dewa Yunani di gunung Olymphus?
> Ketika Adam di India apakah ketemu para dewa Hindu, Budha?
> Di India meskipun mayoritas beragama Hindu sampai sekarang
kehidupan Islam masih sangat kentara.
> Banyak peningggalan2 Islam masih terpelihara dengan baik.
>
> Akhirnya :
> Kisah/sejarah agama (Islam) adalah dogma-akaid bukan mitos; tidak
bisa diganggu gugat, harus dipercaya dan diimani.
> Begitulah pastinya.
>
> Salam
> l.meilany

Ibrahim

> [...]
>   sejumlah pemuda yang bersembunyi di gua selama 300 tahun tambah 9
tahun lagi
>   (Al Kahfi). Ada cerita tentang bidadari yang matanya tidak liar
serta khamr
>   yang diambil dari sungai yang mengalir serta tidak memabukkan
(Yaasiin), ada
>   kisah tentang Nabi Musa mengetukkan tongkat ke batu sehingga
keluar air, dsb
>   Mas MAS mungkin menafsirkan itu metafora, atau parabel, tapi itu
kan tafsir
>   mas MAS. Orang lain bisa saja melihatnya sebagai mitos
(mitologi)/legenda.
>   Cerita tentang sorga sangat mirip dengan mitologi Yunani. Bukan
saya
>   mengatakan bahwa Qur an meniru mtiologi Yunani tapi saya hanya
mengatakan
>   bahwa cerita seperti itu membuka peluang penafsiran orang tentang
ada
>   sisi-sisi mitologi dalam Qur an.
>   KM

Loro
> [...]
>   > > > mengangkut sesama manusia lain yang terancam terendam
banjir?
>   > > > Tentu banyak cara dan dalih yang dapat digunakan untuk
membela
>   > > Tuhan dan
>   > > > tokoh-tokoh yang dikultuskan (nabi-nabi, raja, pendeta,
ulama,
>   > > kiai) dari
>   > > > dugaan adanya perilaku yang ternoda sebab itu akan
mengganggu
>   > > bayangan
>   > > > kehebatan dari orang-orang yang dikagumi tersebut.
AS.
>   Nabi
>   > > Ibrahim AS
>   > > > punya tiga isteri. Isteri pertama Sarah memperanakkan Ishaq
>   putera
>   > > kedua
>   > > > dengan turunannya di Kan'an, isteri kedua Hajar
mempernakkan
> [...]
>   Syu'aib
>   > > AS, yang
>   > > > menjadi mertua Nabi Musa AS.
>   > > > Fyi, dalam Al Quran dan Hadits Shahih tidak ada disebutkan
>   bahwa
>   > > karena
>   > > > kecemburuan Sarahlah yang menyebabkan Nabi Ibrahim AS
>   memisahkan
>   > > Hajar dan
>   > > > Ismail dipisahkan bermukim di daerah Paran, di mana baru
>   pertama
>   > > kali ada
>   > > > mata air timbul di daerah gersang yaitu air zam-zam dan di
Ibrahim
> [...]
>   > > > > berkali-kali dipuji di dalam al-Quran,
>   > > > > bergelar Kekasih Tuhan,
>   > > > > mempunyai dua putra yang menjadi nabi,
>   > > > > dan dari keturunannya, berkat doanya yang terkabul,
muncullah
>   > > para nabi,
>   > > > > sehingga bergelar Bapak Para Nabi,
>   > > > > diakui sebagai leluhur oleh tiga agama samawi,
>   > > > > umat Islam menyebut namanya berkali-kali dalam salat,
>   > > > > agar Allah melimpahkan berkah kepada keluarga Muhammad
>   > > > > sebagaimana telah melimpahkan berkah kepada keluarga
Ibrahim.