Dari dulu saya kok heran ya, ada saja orang yang heboh mengatakan JIL begini
begitu dengan nada buruk di milis ini, padahal ini bukan milis JIL, akan lebih
baik jika ada orang yang tidak setuju dengan JIL dan menganggap sesat, datangi,
ikut diskusi di JIL secara fisik atau di milisnya langsung. Seingat saya disini
ada pak Guntur yang posting undangan acara JIL, ini kan sama saja dengan
undangan Youth Islamic Study Club (YISC) Al Azhar dengan berbagai acaranya.

Jika merasa beda pendapat dengan JIL lalu memang ingin membahasnya di milis
ini, cobalah untuk membahasnya kasus demi kasus, misalnya dulu saya posting
satu topik di milis sebelah lalu ada yang ngomentari saya liberalis dari JIL
dengan mengatakan JIL itu mengatakan aurat sebatas celana dalam, saya geli luar
biasa karena saya tidak di milis JIL atau ikut kegiatan JIL dan memakai jilbab
(tidak sekedar celana dalam :).

Nah yang seperti ini kan ngawur banget, jika pak Satriyo ingin mengingatkan
anggota milis ini bahwa JIL sesat atau apalah istilahnya, coba munculkan topik
untuk membahasnya satu demi satu, misalnya apakah betul JIL menyatakan bahwa
aurat sekedar celana dalam? siapa yang mengatakannya? apakah JIL sebagai
organisasi atau orang yang dianggap anggota JIL? apa betul orang-orang yang di
JIL itu melakukan apa yang dikatakannya, misalnya jika aurat sekedar
dihubungkan dengan celana dalam, apakah orang-orang JIL dan keluarganya juga
sekedar bercelana dalam? Misalnya jika pak Ulil dianggap JIL, apa dia dan anak
istrinya juga anggota-anggota JIL itu hanya bercelana dalam saja?

Pernah juga ada yang mengatakan bahwa JIL itu tidak mengharamkan pernikahan
beda agama, sekarang coba cek, apakah pak Ulil menikah dengan non muslim,
seingat saya istrinya itu anak seorang kiai terkenal, K.H Mustofa Bisri (?).
Jika punya pendapat beda tentang nikah beda agama, ya diskusikan saja topik ini
dengan cara baik.

Bukankah dalam hidup bermasyarakat ini kita dipenuhi orang-orang yang mungkin
beda pendapat tentang berbagai hal, misalnya di keluarga besar saya ada yang
Muhammadiyah yang tidak biasa membuat acara hajatan di hari-hari tertentu
setelah kematian, misal hari ke 3, ke 7, ke 40, ke 100, ke 1000, dll. Ada juga
keluarga mengaku NU, melakukan banyak acara setelah kematian itu yang
menghabiskan banyak uang sampai ada kasus meminjam uang. Untuk saya pribadi,
saya nikmati perbedaan orang ketika ada kematian ini dan saya tanya sana sini,
gunakan akal kita untuk memahami dan sampai detik ini saya tidak mendapatkan
informasi bahwa Rasulullah melakukan acara-acara setelah kematian seperti itu,
jadi ketika ayah meninggal, saya dan anggota keluarga lainnya tidak melakukan
acara-acara tersebut, pengajianpun tidak dilakukan untuk orang lain, tapi saya
dan anggota keluarga lainnya berusaha mendoakan ayah setiap sholat dan mengaji
juga untuk ayah, melakukan kegiatan baik yang dicontohkan ayah misalnya
kepedulian terhadap anak-anak yatim, orang2 miskin, kurban, mewakafkan sebagian
harta ayah, dll. Tapi saya juga tidak menyatakan bahwa yang melakukan hajatan
sesudah kematian itu sesat, silahkan mereka dengan pemahaman agamanya
masing-masing. Pernah juga ngobrol ringan dengan orang yang mau pinjam 50 juta
untuk biaya 40 hari setelah kematian, padahal yang meninggal itu seorang ayah
dan anak-anaknya masih sekolah, belum ada yang bekerja, sementara hartanya juga
sudah habis untuk biaya pengobatan, saya menyarankan untuk tidak meminjam untuk
hajatan, karena tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah, tapi orang itu ngotot
untuk hajatan karena ustadznya mengatakan supaya arwah yang meninggal tenang
tanpa peduli kondisi keuangan keluarga itu lalu orang itu meminjam uang dari
bank dengan menggadaikan satu-satunya rumah yang mereka miliki, saya hanya
mengelus dada tapi tidak menyebut mereka sesat, hanya kasihan saja.

Silahkan pak Satriyo membuka satu demi satu kasus JIL yang tidak Islami,
pelan-pelan saja dan topik per topik untuk didiskusikan ala WM karena milis ini
kan bukan milis JIL, terutama tentunya topik yang berkaitan dengan wanita atau
muslimah karena ini milis WM.

salam
Aisha
------------
--- "satriyo" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Iya mas,
> what a joke ... sama-sama ga punya ilmu ya? tapi ko anda seperti
tahu
> banyak soal JIL ya? entahlah, saya selama ini tdk pernah 'tega'
> menyatakan seorangpun sesat terang2an, krn hati urusan saya dan
> Allah ... apapun pendapat dan penilaian anda.

Mas Satriyo, kok malah kewalik-walik sih. Bukankah malah Anda yang seperti tahu
banyak ttg JIL sampe bisa
bilang mereka tersesat, salah kaprah dll. Saya kan hanya merespons. Silahkan
buktikan.

> tampaknya sentimen anda pada saya lumayan juga ... tapi itu hak
anda ko.

> maaf jika selama ini pernyataan saya tanpa saya sadari menyinggung
> (atau apalah namanya) anda, in whatever ways.

mas satriyo, anda ternyata terlalu menganggap diskusi secara personal. nothing
personal saya bicara apa adanya saja kok.

> btw, pendekatan yang anda maksud itu yang spt apa?

Misalkan, jika anda tidak suka dibilang "sesat", mengapa anda sebutkan
kata-kata tidak enak itu untuk orang lain?

> Lalu apa komentar saya tentang TS yang tidak anda pandang pantas dan benar,
> bahkan kejam dan tidak islami?

waduh, kalau komentar anda ke TS itu anda tidak bisa bilang kejam, ya bagaimana
ya... yang lebih mengerikan, "tidak adil"

> saya menghakimi? bisa buktikan? kalo tidak mohon jangan asal
> eyel2an ...

Oleh karena itu, saya ajak anda diskusi detil. Bukan cuman opini belaka. Kalo
cuman bilang "ini jelek" tanpa bisa membuktikan, apa bukan menghakimi bahkan
memfitnah.

> yang pelu introspeksi bagi anda hanya saya? anda sendiri bagaimana?
> tidak sadar sudah menghamiki saya? ehm ...

Ya saya juga deh. ;-) Ijinkan saya menggunakannya selama anda menggunakan baju
yang sama. Masak Anda bisa bilang sesat, tidak islami dll. lalu marah ketika
orang bilang yang sama kepada Anda?

> tunjukkan postingan saya yang nyata-nyata saya menyesatkan orang!
> please ... :-)

Berikan bukti-bukti atas apa-apa yang anda tuduhkan ke yang lain. Jika tidak ya
menyesatkan.

> wah maaf ya saya tidak tahu anda paham tafsir Quran. mungkin saya
> bisa belajar dari anda ... kalo tidak bersedia ya gpp ko ... ga ada
> paksaan ...

Kita belajar bareng mas satriyo. Oleh karena itu penting diskusi.

> Hanya Allah dan Firaun pilihannya? Lalu anda yang mana? Memang
> sekarang anda yang Tuhan? yang konsisten mas kalo memang mau
menegur
> saudara seiman, betapapun anda tidak suka atau bahkan sangat
> antipati ...

Mas satriyo,
percayalah tidak ada rasa antipati atau tidak suka dengan anda. IMHO, ketika
Anda merasa pendapat Anda itu adalah perwujudan yang terintegrasi dengan
ayat-ayat Al-Quran itu sendiri, ketika itu anda memilih jadi Firaun.

> Anda meminta saya membela orang yang dizalimi FPI? anda sendiri?
lalu
> apakah anda sekiranya memang sudah membela korban FPI, anda merasa
> berhak untuk menghakimi dan tidak membela FPI?

Lha sapa yang nyuruh-nyuruh. ;-) Bukannya mas satriyo yang bilang FPI anda bela
karena dizhalimi. Lalu bagaimana dengan korban FPI? Jika anda mengikuti posting
di WM. Ketika Ja'far Umar Thalib mengutuk ideologi kekerasan, sayalah orang
yang memberikan apresiasi dan berhusnuzhan mudah-mudahan itulah FPI yang
sekarang.

> apa saya menjelekkan2 anda, menyesat2kan anda, menuduh2 anda? apa
> saya memang di awal mengajak anda diskusi? saya kan tidak mereply
> komentar anda? jaga sikap mas ...

Saya tidak akan menggunakan kata-kata yang tidak anda gunakan. Bukan hanya
kata-kata yang ditujukan kepada saya saja, tapi kepada orang lain juga. Jika
kita bisa mulai lagi, mari kita diskusi dengan santun dan tidak tendensius.
babarkan faktanya, diskusikan, bukan sekedar menghujat.

Salam
Ary