On 4/22/07, Dwi W. Soegardi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Kang Sabri,
>
>  baru kemaren saya dapat lungsuran satu komputer kuno, Compaq Duron 750 MHz,
>  langsung tak pasangi Edubuntu 7.04 yang gres untuk eksperimen apa bener-bener
>  bisa buat anak-anak berkenalan dengan Open Source. Tak dinyana
>  installnya smooth,
>  wireless adapternya dikenali (sound cardnya masih "tewas" kayaknya
>  masalah hardware
>  nih, bukan driver)
>
>  sampeyan nekad amat compile Gentoo? :-) Pake Core Duo ya? Kalo Duron
>  bisa-bisa 1-2 minggu :-(
>
>  ok kembali ke topik OS untuk "muslim sejati,"
> [...]

saya sih tidak pengen coba ubuntu-ME maupun ubuntu-CE (Christian
Edition). Flavor ini tidak menarik bagi saya. Fesity memang jreng
meski dapet kritik berat dari para pendukung open-source sejati
seperti debianer dan gentoo-er. Maklum kenekatan ubuntu mem-port
binary propriety driver yg "banyak dituntut" user masih meninggalkan
kontroversi. Tapi user senang, kebanyakan user juga kurang peduli pada
soal ini. Tapi meski demikian konon ATI dan Nvidia (yg binary-nya di
port) udah mengijinkan secara resmi.

Di Info Linux edisi 4/2007 dilaporkan Linux Foundation sudah mengontak
para vendor hard-ware agar vendor2 tsb memberitahu mereka bila
merencanakan merilis produk baru; Linux foundation minta agar
diberitahu "cara kerja" HW tsb dan akan menyiapkan driver linuxnya
secara : Geratis !!!

kalo kompie ber-spek rendah install saja xubuntu; tapi sebenarnya kalo
nautilus di "tweak" juga akan seringan thunar. Nautilus di gnome
keberatan plug-in doank. jadi menurut saya semua window manager itu "
SAMA". yang jadi masalah adalah seberapa berat plug-in-nya diinstal.
Ini kelebihan GENTOO yg tidak memiliki standar instalasi default,
hingga terasa lebih cepat dan trengginas. Kalo tiap orang mengkompile
driver sendiri ya semua akan enteng. Tapi persoalannya pengguna awam
bakal gak bisa ikut berlinux ria :=))

Gentoo saya juga belum mulus; mungkin akan saya depak saja ..... bikin
frustasi mending ubuntu yang "Just Work" (TM).

FYI, istri saya juga sudah single boot EdgyEft, dah bisa menggunakan
"terminal"; melakukan dial gprs dengan wvdial, melakukan mount drive
..... wah seneng, dan komentarnya dengan linux dia lima bulan penuh
tidak ketemu virus, maklum kebiasaan tukar data dengan flash-disk
membuat terus terinfeksi berbagai virus; datanya juga pernah ditelan
brontok.

tinggal member wm banyak yang belum terprovokasi berlinux ria.

--
LINUX REGISTERED USER #421968

if you can't explained simply, you don't understand it enough (albert einstein).

Kirim email ke