Bagian mana dari Qs.33:52 yang buat ibu bisa memberi dasar
bahwa "perceraian sendiri bisa saja terhapus begitu saja dengan
sebuah hubungan suami istri asal didasari dengan kerela-an kedua
belah pihak. Jadi mau cerai-nyambung 1000 kali juga asal dua-duanya
cucok..ya monggo bae." ...? Nalar pribadi atau ada rujukan lain yang
akurat?

Nah justru yang mahar simbolis ini yang salah kaprah. Islam
menetapkan adanya mahar buat pere agar di antaranya [1] si lelaki
lebih tanggung jawab dan menghargai si pere karena itu bisa jadi
bukti keseriusan untuk mengarungi hidup bersama, more than just
simbolism, dan [2] sebagai istri yang tidak wajib mencari nafkah tapi
wajib dinafkahi, mahar adalah salah satu cara si pere/istri
memastikan suaminya tidak begitu saja meninggalkan dia saat
sudah 'bosan' (kdrt bo!). Maka wajar di beberapa negara timur tengah
yang mayoritas muslim, mahar itu berupa rumah lengkap dengan isinya
plus perhiasan. Lalu kenapa jadi digeser ke simbolis? Memang suami di
sini (buat yang menganggap mahar itu simbolis) lebih tidak 'tegaan'
dari suami di tempat lain?

Meskipun si istri itu pengusaha sukses macam Khadijah ra, tetap saja
mahar itu harus ada. Karena buat sosok macam beliau, jika memang
memilih dipinang oleh lelaki yang sec finansial pas-pasan, sesuai
sabda Rasul, nilai maharnya tentu kecil saja. Ala kulli hal,
berpenghasilan besar atau tidak, mahar bukanlah simbolis. Dan sesuai
sabda Rasul yang sama, makin kecil mahar makin menunjukkan trust si
pere pada calon suami. Tinggal bagaimana suami membuktikan itu, di
hadapan istri dan Allah!

Jadi konyol saja buat mereka -- terutama yang berada, macam para
seleb -- yang menentukan nilai mahar berdasar pada tanggal nikah.
Pake tanggalan masehi pula bukan hijriah ...! hehehe

satriyo

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Chae"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
kali
> juga asal dua-duanya cucok..ya monggo bae. Kalau istilah sunda na
mah
> awet rajet...leres neng Aisya??;)
>
> Soal 3 kali cerai harus diselingi perempuan dan lelaki lain kalau
> tidak salah ini berupa fiqh yach??CMIIW. bentuk aturan yang demikian
> dibuat agar bisa melindungi perempuan dari permainan nafsu lelaki
> buaya darat pada zaman itu..soale jatah istri cuman 4 sedangkan
> keinginan bisa lebih.
>
> Nah buat perempuan silahkan mengajukan cerai dengan cara
mengembalikan
> mahar, apalagi mahar dikita mah sesuatu yang simbolis sekedar
> seperangkat alat sholat dan duit ala kadarnya maka sudah syah bagi
> perempuan untuk mendapatkan hak menceraikan suaminya.
>
> --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina Dahlan" <linadahlan@>

KHI).

Andaikan