1. Kan sudah disebutkan

Tulisan ini merupakan cuplikan dari buku yang ditulis oleh Mangaradja
Onggang Parlindungan Siregar, "Pongkinangolngolan Sinambela gelar
Tuanku Rao, Terror Agama Islam Mazhab Hambali di Tanah Batak",
Penerbit Tanjung Pengharapan, Jakarta, 1964.

Apa ada masalah dengan buku yang diterbitkan tahun 1964?

2. Soal mazhab Hambali dan aliran Syi'ah, mungkin maksudnya dari
kalimat di bawah ini.

Di Minangkabau ia mula-mula bekerja pada Datuk Bandaharo Ganggo
sebagai perawat kuda. Pada waktu itu, tiga orang tokoh Islam Mazhab
Hambali, yaitu Haji Miskin, Haji Piobang dan Haji Sumanik baru kembali
dari Mekkah dan sedang melakukan penyebaran Mazhab Hambali di
Minangkabau, yang menganut aliran Syi'ah.

Memang kalimatnya menurut saya ambigu. Bisa berarti Mazhab Hambalinya
yang menganut aliran Syi'ah atau Minangkabaunya yang saat itu menganut
aliran Syi'ah, yang kemudian diperangi oleh Mazhab Hambali.

Bisa jadi penulisnya kurang cermat dalam hal ini. Soal mazhab-mazhab
Islam, jangankan orang non-muslim, orang muslim pun kadang tidak tahu
perbedaan antara mazhab satu dengan mazhab yang lain, termasuk saya.
Kalau saya ditanya, kamu mazhab apa? Saya gak bisa jawab apa-apa.
Pokoknya Islam ya Islam. Titik.

Soal keterkaitan antara Minangkabau dengan Syi'ah ada tulisan menarik
dari temen saya orang Padang tentang tradisi tabu'ik di
http://defindal.multiply.com/journal/item/5 .
Jadi tradisi Tabu'ik itu untuk memperingati gugurnya Imam Hussein bin
Ali RA, cucu kesayangan Nabi Muhammad SAW melawan tentara2 Yazid bin
Muawiyah yang lalim dan kejam. Biasanya peringatan ini dilakukan di
kalangan Syi'ah. Apakah ini berarti Minangkabu itu Syi'ah? Saya
sendiri tidak bisa menjawab. Barangkali ada miliser di sini yang orang
Minang yang lebih bisa menjelaskan.

wallahu a'lam bish shawab.

wassalam,
--
wikan
http://wikan.multiply.com

On 6/4/07, satriyo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Selain sumber data tulisan tidak dicantumkan, selain bahwa berasal
>  dari sebuah buku terbitan th 1964, ada satu 'cacat' yang mengganggu
>  dan membuat saknsi atas kredibilitas penulisnya, yaitu dikatakan
>  bahwa Madzhab Hambali itu adalah aliran Syi'ah ...
>
>  wah ... baru tahu tu kalo memang itu ada dukungan sumbernya!

Kirim email ke