Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para
malaikat, "Sesungguhnya
 Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka
berkata, "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu
orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah,
padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji dan mensucikan
Engkau?" Tuhan berfirman, "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang
tidak
kalian ketahui." (QS al-Baqarah [2]: 30).

Khalifah itu kan maksudnya "wakil" atau "yang menggantikan".
Jadi khalifah di muka bumi ya Nabi Adam dan anak turunnya (manusia).
Lalu Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali itu kan gelarnya Khalifah
Rasulullah, yang menggantikan Rasulullah.
Jaman sekarang juga banyak khalifah2, presiden2 itu kan khalifah juga kan?

wassalam
--
wikan
http://wikan.multiply.com