Kenapa sabda mulia Rasulullah saw, Ali ra dan ahl-bayt mengenai telah
mati/wafatnya Isa sama sekali tidak disentuh oleh anda?

Soal ashabul kahfi, nanti saja diskusinya biar tetap fokus - saya
akan posting secara terpisah, dan sekarang kita sedang fokus bicara
mengenai Nabi Isa.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Tana Doang" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> ma_suryawan menulis:
> 1. Hanya binatang yang dapat berhibernasi.
> 2. Teori Isa berhibernasi adalah teori mengada-ada alias kreasi
imajinasi pengantar tidur saja.
> ====================
> La Tando:
> 1. Jadi pemuda Penghuni Gua itu binatang ?! Wa labitsuw fiy
kahfihim tsala-tsa miatin siniyna wa azdaaduw tis'an (Al-
Kahfi,18:25), artinya: Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus
tahun dan ditambah sembilan.
> Mereka, maksudnya Penghuni Gua itu bukan binatang. Ole sio sayange,
qissah Penghuni Gua ini menunjukkan tentang eksistensi fenomena
hibernasi pada manusia, nyong.
> 2. Ole sio sayange, beta seng (tidak) mengada-ada bercerita seperti
penglipur lara pengantar tidur, tetapi beta menulis dengan pakai
dalil berdasarkan Nash (Al-Quran dan Hadits). Siolah MAS fokuskan
membantah beta punya dalil yang berdasarkan Nash, yang beta kemukakan
lagi di bawah:

> Dalilnya Isa bnu Maryam berhibernasi ((tidur lelap)):
> Definisi wafat menurut Al-Quran
> (39:42)
> Allah mewafatkan jiwa ketika matinya dan yang belum mati di waktu
tidurnya; maka Dia genggamlah jiwa yang telah Dia tetapkan
kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang
ditetapkan
> (4:159).
> Dan tidak seorangpun dari ahli kitab melainkan akan beriman
kepadanya (Isa) sebelum matinya (Isa), dan pada hari kiamat (Isa)
menjadi saksi terhadap mereka (ahli kitab).

> Wa in min ahlil kitaabi illa- layu'minanna bihie qabla mautihie
wayaumal qiyaamati yakuwnu 'alaihim syahiedan (4:159),

> Layu'minanna bihie, hie adalah dhamir ghayb (kata ganti ketiga laki-
laki tunggal), jadi menunjuk pepada Isa, bukan kepada ahli kitab,
qabla mautihie, hie sama seperti di atas dhamir ghayb (kata ganti
ketiga laki-laki tunggal), jadi menunjuk pepada Isa, bukan kepada
ahli kitab;
> Nah, kenyataannya sampai sekarang belum terjadi ahli kitab belum
beriman kepada Isa. Jadi Allah masih sementara menggenggam jiwa Isa
dan baru akan dilepaskan pada waktu Isa bangun dan turun dari
tempatnya berhibernasi dan akan meninggal setelah semua ahli kitab
sudah beriman (lihat penjelasan di bawah).

> Allah mengangkat Isa
> (3:55)
> (Ingatlah), ketika Allah berfirman: "Hai Isa, sesungguhnya Aku akan
mewafatkanmu (mutawaffiyka) dan mengangkat (R-F-'A) kamu kepada-Ku
serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan
orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga
hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku
memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih
padanya".
> R-F-'A = meninggikan, apabila R-F-'A ditujukan kepada manusia, maka
dalam ilmu balaghah bermakna metaforis, yaitu selalu dihubungkan
dengan derajat, bermakna memuliakan, bukan dalam pengertian
yang "space like".
> Apabila menyangkut benda-benda R-F-'A = meninggikan, itu
menunjukkan yang "space like"

> Jadi Isa bnu Maryam masih hidup, sedang berhibenasi. Nanti akan
bangun lalu memerangi Dajjal bersama Imam Mahdi. Dalam Hadis Bukhari-
Muslim disebut, ketika beliau turun (dari tempatnya berhibernasi,
bukan dari langit nyong), saat itu umat Islam sedang bersiap shalat
subuh dengan diimami oleh pemimpin mereka.
> Begitu melihat Isa bnu Maryam datang, pemimpin umat Islam tersebut
mempersilakan Isa bnu Maryam menjadi imam shalat. Tetapi Isa bnu
Maryam tidak mau dan berkata, "Sesungguhnya ALLAH telah menunjuk
untuk umat ini pemimpin mereka." Maka imam tadi tetap menjadi imam
dan Isa bnu Maryam makmum di belakangnya. Imam itulah Imam Mahdi.
Jadi lain Imam Mahdi, lain Isa bnu Maryam, yang menurut Ahmadiyah
Qadfiyan, Ghulam Ahmad katanya mengaku sebagai Ahmad (Muhammad), Imam
Mahdi dan Isa bnu Maryam sekaligus, Trinitas kontemporer. Namun
Ahmadiyah Lahore (Anjuman) menyatakan bahwa Ghulam Ahmad tidak pernah
menyatakan dirinya Trinitas: Muhammad-Imam Mahdi-Isa bnu Maryam,
melainkan Ghulam Ahmad hanya menyatakan dirinya sebagai seorang di
antara sekian banyaknya Mujaddid.
> .
> Setelah Isa bnu Maryam membunuh Dajjal dengan tombaknya dan
memerangi Yahudi hingga habis (diceritakan dalam hadis shahih riwayat
Muslim) Isa bnu Maryam lalu mematahkan salib (menghapuskan agama
kristen, karena semua orang kristen akan masuk Islam) dan membunuh
babi. Imam Mahdi akan jadi khalifah ummah. Pada masa tersebut Isa bnu
Maryam akan menjalankan sunnah yang belum sempat dikerjakan beliau,
MENIKAH. Setelah Imam Mahdi MENINGGAL, Isa bnu Maryam lalu menjadi
khalifah. Pada zaman pemerintahan kedua orang inilah seluruh dunia
akan memeluk Islam. Kemudian barulah Isa bnu Maryam MENINGGAL, sesuai
dengan bunyi ayat: