Pak Dan,
Pernah 10 th tinggal di AS? So, what?
Lha wong yang tinggal lebih lama dari sampeyan saja masih bingung melihat
fenomena di negeri AS ini ko sampeyan merasa lebih tahu toh (lihat saja
tumpukan buku berisi analisis politik dan kemasyarakatan oleh warga tulen AS
tentang negerinya selama ini!)?
Tanya tuh keadilan ala Demokrasi AS versi Dana Pamilih buat mereka yang
'dizalimi' selama ini, baik dari segi ras (afro-amerika dan KKK), agama
(anti-islam), etnisitas (indian yang jutaan mati dibantai), dll. Anda yang
pernah di AS 10 th sedikitnya tentu melihatlah hal-hal ini, setidaknya dari
tangan kedua (bisa cerita orang, atau berita) jika tidak pernah dengan mata
kepala sendiri (krn tdk mungkin lagi mencari kasus KKK yang linching orang
'negro' atau sepasukan tentara kavaleri AS membantai orang indian amerika di
perkemahan mereka!)
Sampai sini saja, jelas terlihat anda sudah buta mata dalam membandingkan
policy pemerintahan AS dan KSA. Eh, sudah pernah tinggal berapa lama di KSA
sehingga merasa pantas membandingkan perikehidupan antar AS dan KSA?
Soal demokrasi a la AS, tidak usah terlalu muluk lah, Pak Dan. Kalo memang
SISTEM bekerja, mengapa juga ada presiden Amerika yang (berusaha) dibunuh?
Mulai dari Abe (Abraham Lincoln) yang notabene harusnya masih merasakan
demokrasi 'khas' AS yang masih belum terlalu 'gado-gado' isi warga
negaranya, yang menjadi tumbal pertarungan antara yang pro dan kontra BUDAK
(apakah ada peristiwa sama di KSA?), hingga JFK (yang masih misterius
seputar penembakannya ini) dan terakhir Reagan. Who's next? Mungkin Obama
jika dia ternyata sec 'ajaib' bisa jadi the first Afro-American #1! Bukan
mendoakan lho, meski Obama kafir, tapi sekadar puny logic saja, berdasar
'mulusnya' SISTEM demokrasi di AS!
Dan jangan melulu one sided lah Boss, hanya demokrasi seputar pemilihan
presiden, tapi tidak holistik. Tidak anda lihat, hasil karya demokrasi AS di
penjuru dunia, mulai dari vietnam hingga sekarang iraq? Apanya yang
demokrasi? Bagaimana dengan Guantanamo? Pasti Anda akan bilang: Ah itu kan
Bush, bukan murni demokrasi AS! What a joke! Bush IS THE SYSTEM, man! Tentu
sampe ada personifikasi SISTEM lain yang menggantikan posisi Bush ini!
Anda bilang demokrasi yang sekarang ini mendunia dimulai dari AS? Baca lagi
deh buku sejarahnya! FYI, teman saya yang asli amrik, alies bule totok,
pernah masuk lingkaran dalam politik amrik via gereja (dulu dia minister,
sekarang dah 'tobat'), demokrasi AS itu berasal dari prinsip ajaran
Protestanism. Kalo tidak mengapa sedemikian prejudice 'SISTEM' di AS
terhadap white catholics? Rata-rata #1 AS kan Protestan bukan? Jadi tidak
usah malu-malu lah mengatakan bahwa sebenarnya AS itu negara agama, hanya
balutannya saja yang halus jadi sulit buat yang awam dan ST (sok tahu) untuk
bisa aware alias ngeh! Jelas sulit lah ketika mereka teriak 'demokarasi'
sementara negara memakai sekulerisme, mana klop!
Last but not least, dengan bersikap kritis atas demokrasi dan sistem
pemerintahan serta kemasyarakatan di AS, tidak berarti saya memihak KSA! No
way! KSA adalah contoh 'buruk' pelaksanaan syariat oleh segelintir orang
yang merasa mewarisi hak berkuasa dengan berbagi antara mereka yang merasa
sebagai umara/pejabat negeri (pengikut dan wangsa ibn Suud) dan mereka yang
merasa sebagai ulama/santri yang mengurus sisi keagamaan negeri (pengikut
Abdul Wahhab)!
Dengan kata lain, buat saya, belum ada tuh bukti keberhasilan demokrasi,
kapanpun, di mana pun, oleh siapa pun; dan juga setelah masa
khulafaur-rasyidin, belum ada tuh bukti holistik penerapan syariah yang
sesuai dengan masa Rasul dan para khulafaur-rasyidin. Tapi setidaknya, jika
demokrasi skor '0' (masih 'om-do'), syariah sudah skor '1' (pernah terbukti
hasilnya!) ... hehehe
Jadi jika anda fair, apple to apple lah dalam membandingkan. Dan jangan mau
enak saja minta ditunjukkan mana negara yang menerapkan syariat dan
'berhasil' ... apalagi hanya menggunakan preferensi anda saja!
Syariah itu diperjuangkan, bukan dengan paksaan, tapi dengan proses yang
alami. Lagi-lagi contoh ini sudah ada pada Sirah Nabawiyah ('biografi'
Muhammad s.a.w). Ayo buktikan bersama bahwa Islam itu rahmatan lil alamin,
dan jangan malah menepuk air didulang, terciprat muka sendiri; buruk muka
cermin dipecah!
maaf ya jika nyelekit ... tapi jika tatap muka tentu akan terlihat saya full
senyum dan dengan nada lembut penuh pengertian dan toleransi ... :-)
salam,
satriyo

PS: maaf jika tanggapan saya ini tidak bisa on-time masuk milis, mengingat
moderasi yang nampaknya masih 'berbekas' buat saya ...

--
Sesungguhnya, hanya dengan mengingat Allah, hati akan tenang