Yang saya baca sih gitu pak Ari.. dua2nya abis makan. Cuma dibedakan
dengan jeda-nya aja..

Kalo saya baru dapet asma pas kuliah pak.. Dokternya juga bingung, koq
bisa kena.. karna dari garis keturunan ngga ada yang asma. Lucunya
lagi, saya tiba2 jadi alergi sama udang.. Padahal dr kecil sampe SMP
(waktu itu masih tinggal di daerah Kalimantan yg udang2nya manis dan
gurih) bisa2 aja tuh makan udang.. Tapi begitu pindah ke Jakarta (SMA)
saya jadi alergi ma udang, karpet dan debu.. Mungkin tubuh saya rentan
ma ibukota yang emang terkenal kejam itu ya pak.. :))

Kalo renang udah dijalani.. Tapi setelah berjilbab, frekwensi renang
jadi menurun drastis.. Alhamdulillah sekarang dah banyak tempat renang
yg menyediakan hari khusus utk para akhwat yg ingin renang.. Kalo
sekarang sih udah ditambah dengan jalan kaki dan aerobik low impact.
Alhamdulillah asma udah jarang kambuh.. Duh, jadi ngebayangin gimana
dulu bolak balik UGD jam 2 pagi.. disuntik segala.. Sekarang sih cuma
di inhaler ya..

Setau saya kalo perempuan penderita asma itu asmanya bersifat carrier
pak. Kalo pun sembuh, lebih tepatnya hibernasi sih.. :), dia pasti
akan menurunkan pada anak2nya. Kalo menimpa anak laki2, biasanya akan
sembuh menjelang akhil balik..

Kalo soal makanan sih.. udah disarankan utk makan makanan yg berjudul
'believe it or not', spt anak tikus yg baru lahir, daging kelelawar,
daging onta, tangkur buaya.. Tapi alhamdulillah tuh, saya ngga
tertarik utk mencoba.. Ngga kebayang gimana caranya hewan2 eksotis itu
bisa lewat tenggorokan ku.. Hehe..

Okay pak Ari, thanks utk sharing cerita asmanya yach.. Have a nice evening..

Cheers..