di buku 'Bermasyarakat dengan Al-Quran' karangan Ayatullah Sayid Muhammad
Dashtegib, disebutkan sebuah kisah menarik :
Ada seorang wanita miskin keturunan Rasul SAAW. Suatu saat dia sangat
kekurangan uang. Tidak pernah ia sangat kekurangan kecuali saat itu. Ia akhir
nya datang ke seorang kaya Muslimin dan meminta sedikit uang untuk sekedar
menyambung hidupnya. Sesampai di rumah nya...si wanita tadi berkata.." aku
seorang Sayyidah [keturunan Nabi SAAW dari jalur Fatimah]..tolong lah beri aku
sedikit uang untuk sekedar menyambung hidup ". Lalu si Muslimin kaya itu
berkata..." beri aku bukti bahwa engkau memang miskin dan keturunan Rasul". Si
ibu sedikit bingung dan akhirnya dia keluar dari rumah si Muslim kaya itu.
Dijalan, dia akhirnya singgah ke rumah seorang Zoroaster [pengikut agama
Zoroaster, agama dulu di Persia]. Si Zoroaster begitu melihat lesu nya si ibu,
langsung saja dia memberikan uang ke pada nya. Tak lupa ia menitipkan kue-kue
untuk di bawa pulang.
Malamnya, si Muslim kaya tadi bermimpi. Ia berada di barisan manusia yang akan
memasuki sorga. Begitu gilirannya...ia berkata, ' aku seorang Muslim '. Si
Malaikat yg menjaga sorga kemudian menjawab nya..' buktikan kalau kamu seorang
Muslim '. Ucapan ini persis seperti ucapan nya kepada ibu tua miskin keturunan
Nabi itu. Ia akhirnya bengong...dan tidak bisa memasuki sorga. Di mimpi itu ia
juga melihat ada seorang yg ia tau bukan seorang Muslim tapi masuk ke dalam
sorga. Ia mengenali orang itu adalah si Zoroaster [yg memberi makanan kpd ibu
tua]. Sontak ia terbangun dan bergegas mendatangi rumah si Zoroaster dan
menceritakan mimpinya. Ketika mereka bercerita....akhirnya ia menyadari
kekeliruannya dan bergegas mendatangi si ibu tua itu.
OVIC