[Review Tempat Makan] Sroto Eling-Eling, Ikan Tude Manado, Martabak
Kubang dan "Mamink" Daeng Tata.

Oleh: Titiana Adinda

Mengawali tahun ini aku mau nulis review terhadap tempat makan yang
kebetulan aku datangi ketika libur natal dan tahun baru ini. Daripada
sayang informasi kulupakan mendingan ditulis aja. Siapa tahu bisa jadi
bahan referensi teman-teman semua. Aku datang dan makan di empat
tempat yaitu Sroto Eling-Eling, Ikan Tude Manado, Martabak Kubang dan
"Mamink" Daeng Tata. Ok kubahas satu-satu ya:

1.      Sroto Eling-Eling
Lokasinya ada di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Tepatnya di Jl. KH.
Abdullah Syafei, Casablanca. Menu makanannya terdiri dari Sroto khas
Sokaraja, Banyumas. Bisa dipadukan dengan nasi atau ketupat. Aku pilih
pake ketupat. Rasanya enak banget. Apalagi ketupatnya lembut banget
dimulut. Untuk minumnya bisa pesan dawet ayu khas soto eling-eling.
Enak dan murah koq. Jangan lupa pesan mendoannya. Mendoannya itu yang
paling enak. Rasanya pingin balik lagi deh makan disini. Harga makan
sroto 1 porsi, es dawet, 3 buah mendoan kira-kira harganya sebesar Rp
31.500/orang deh. Suasana makannya lumayan enak, pelayanannya juga
cepat dan baik.

2.      Ikan Tude Manado
Lokasinya ada di Jl.Blora No.29, Jakarta Pusat Telp: 021-3903109, 390
3148. Ada layanan deliverynya juga lho buat yang punya rumah di
sekitar Menteng, Jak-Pus kali ya yang bisa order ke restoran ini. Menu
yang ditawarkan semuanya khas Manado, ada ikan, bubur manado, dsb. Aku
memesan ikan tude bakar, sayur buah papaya, perkedel tude dan Pekedel
jagung ( Satu porsi terdiri dari 5 perkedel jagung) dan tentu saja
dengan nasi putih. Ketika dihidangkan tak lupa disediakan sambal pedas
dan sambal tomat. Rasanya enaaaaaak banget. Jangan lupa ya kalo kesana
cobain kue khas Manado misalnya kaya kue Balapis, Lalampa dan Panada.
Kalau minumnya nggak ada yang khas paling kaya es Kelapa, es Jeruk
atau teh botol aja. Biaya yang dikeluarkan untuk makan dan minum di
tempat itu kira-kira sebesar Rp 60.000 – 75.000/orang. Suasana rumah
makannya lumayan enak, pelayanannya juga cepat dan baik.

3.      Martabak Kubang
Lokasinya ada di Jl. Saharjo, No.98 Jak-Sel. Telp: 021-8295328. Sudah
punya cabang di 4 lokasi lainnya yaitu di Depok, Kalimalang, Serpong,
dan Padang-Sum-Bar. Disini ada menu pilihan ada martabak kubang, kari
ayam, kari kambing, nasi goreng, mie goreng, sate padang. Kalau untuk
minum sih nggak ada yang istimewa sama kaya restoran lain seperti es
teler, es campur, soft drink, dsb. Aku pesan kari kambing dengan roti
cane. Roti cane itu sebagai pengganti nasi. Rasanya kari kambing sama
roti canenya enak banget deh. Pokoknya bikin ketagihan deh. Sayang
makan satu porsi aja udah kenyang betul. Makan disitu kira-kira habis
Rp 45.000/orang deh. Suasana rumah makannya lumayan enak, pelayanannya
juga cepat dan baik.

4.      "Mamink" Daeng Tata
Lokasinya ada di Jl.K.H. Abdullah Syafei, Casablanca  nggak begitu
jauh dengan lokasi rumah makan Sroto Eling-Eling deh. Biasanya kalau
makan disitu cari parkirnya susah sekali. Tetapi berhubung aku
kesitunya pas tanggal 1 Januari saat orang-orang pada acara tahun baru
jadi sepi banget deh. Cari parkirnyapun gampang. Menu yang ada khas
Makassar. Ada tata ribs, soto makassar dan minuman khas Makasar
seperti es pisang hijau, es palubutung, soft drink, dan teh botol. Aku
memesan tata ribs, dan es pisang hijau. Makan tata ribsnya dengan
ketupat. Selain itu ada kue-kue khas Makassar. Rasa tata ribsnya enak
banget apalagi ditambah bumbu kacangnya. Dijamin bikin ketagihan deh.
Biaya makan di restoran ini kira-kira Rp 40.000/orang deh. Suasana
rumah makannya lumayan enak, pelayanannya juga baik dan cepat.

Ok sekian dulu reviewku atas 4 lokasi rumah makan tersebut. Review ini
berdasarkan pengalamanku lho. Boleh dijadikan referensi untuk cari
makan di tempat makan yang enak. Kalau anda merasa biasa aja rasanya
tidak sama denganku penilaiannya. Ya maaf aja, mungkin itu berdasarkan
penilaian subjektifku saja terhadap rasa makanan di tempat makan itu.
Sebenarnya sih makanan dan minuman diatas aku foto dengan kamera di
handphoneku. Sayang foto makanan tersebut di handphoneku belum sempat
aku transfer ke komputer. Jadi ya hanya bisa menikmati tulisan ini aja
deh. Maaf banget ya....
===
Kunjungi blogku di:
http://titiana-adinda.blogspot.com