al qassaaaam, buka pintu... jangan nangis dan dramatis gitu ah...
cup, cup, cup... dunia memang jahat tapi ndak sejahat yang kau
takutkan. 'always look at the bright side of life,' jare sapa kae
embuh, sehingga hidupmu bisa tenang, tentram dan bahagia, gemah-
ripah-lohjinawi, tata-titi-tentrem-kertaraharja...

jaman dulu kala, sekitar tahun 80-an, saya ikut menangani pengungsi-
pengungsi viet nam, hmong dan khmer yang dikejar-kejar dan dibantai
oleh pemerintah mereka sendiri. mereka ini kemudian dikenal dengan
julukan 'manusia perahu.' http://en.wikipedia.org/wiki/Boat_people;

crita mereka dapat dibaca di sini:
http://www.boatpeople.org/a_true_story.htm http://www.boat-
people.org/ dan masih banyak lagi situs yang dapat dikunjungi.

mereka ini (meskipun bukan muslim) ternyata juga manusia lho. mereka
juga menghadapi banyak penderitaan: pembantaian di depan mata
terhadap orang-orang yang mereka cintai, pemerkosaan terhadap ibu
dan adik-adik mereka yang terjadi di depan mata, perampokan di laut
oleh bajak laut dan gelombang ganas laut cina selatan yang harus
mereka lalui sebelum akhirnya dapat mendarat di pulau galang dan
beretemu saya.

jadi, jangan berkecil hati dan menciutkan masalah. isunya bukanlah
islam atau bukan islam saja, tetapi semua bentuk penindasan,
penganiayaan, kekerasan dan sejenisnya jelas-jelas tidak saya
ridhoi...

bukalah mata-hati selebar-lebarnya karena penderitaan bukan hanya
menimpa golongan sendiri saja. di afrika juga terjadi pembantaian
dan kita juga harus meratapi mereka.

ya ndak?

ndaaaaaaak!

Kirim email ke