Put,

Kamu luar biasa untuk usiamu, punya keberanian. Tetapi seperti yang
pernah diingatkan dulu oleh Om2 disini (saya bukan Om lho.. masih
terlalu muda soalnya:D). Belajar pun ada caranya. Kalo Put ingin jadi
dokter seperti papa dan kuliah di FK UGM, maka semester 1 isinya hanya
cara untuk belajar, jadi belajar untuk belajar.

Yang pasti shoot the message not the messanger. Kalo Put dibilang oleh
papa atau kakek bahwa ada kepentingan dari Asia Fundation. Memang
selalu ada kepentingan. Tidak ada makan siang yang gratis. Masalahnya
apa kalo gak ada makan siang yang gratis kita kemudian gak mau makan?
Kalau seperti itu berarti kita bodoh dan membodohi diri kita sendiri.
Tetap makan tapi dilihat seberapa bermanfaat bagi keberlangsungan
hidup kita. Jangan marah-marah sama yang ngasih makan.

Kalau belajar sejarah, kenapa kekhalifahan Islam bisa menjadi
kebudayaan state of the art pada masanya, karena mereka mau menyerap
budaya Greek, Latin, dan menggunakannya untuk sepenuh-penuhnya
kemaslahatan umat. Tidak hanya umat Islam sendiri, tapi seluruh umat
(kristen, yahudi) yang ingin belajar, makanya ada semangat convivencia
di Kordoba.

Ilmu pengetahuan selalu tidak bebas nilai (ilmu pengetahuan greek
diilhami oleh budaya yunani), seperti halnya tidak ada makan siang
gratis. Tetapi kalau pada masa itu umat Islam tidak mau mengabsorbsi
budaya greek hanya karena dia berasal dari greek, niscaya cerita
peradaban Islam yang gilang-gemilang tidak akan pernah ada.

Dan itu yang dikomentari oleh tante Herni dengan gayanya yang bitchy.
Kalau mau komentar tentang UU pornografi, kekerasan perempuan di aceh,
kaji materinya liat naskah akademiknya, lihat konsekuensinya dari
berbagai sudut pandang, lihat kemaslahatannya, jangan jadi antipati
hanya karena siapa yang membawakannya.

salim,
:D