Gak juga sih, om ambon. Perempuan yang kaya justru ingin mempertahankan gaya
hidupnya. Sehingga, dia jadi parasit bagi suaminya. Tentu bukan parasit lajang
hehehe...

Intinya kan gimana kita menghargai waktu. Karena waktu adalah nikmat yg tak
akan pernah kembali. We can only wish that we could turn back the time :-)
Jadi, apapun pilihannya, parameternya adalah bagaimana kita menghargai waktu
itu. Soal pilihan, ya dia semata2 pilihan. Sesuatu yg perlu dinegosiasikan dng
pasangan. Sesimple itu. Jangan terjebak ma celetukan eyang yg dengan
serampangannya mengdikotomikan dan mengaburkan masalah sebenarnya, meski apa yg
dibilangnya bener :)

Sebenarnya yg menarik adalah, ibu-ibu yg dengan tulus ikhlas merawat anak
menjadi insan2 cerdas, mulia dan berbudi luruh, apakah pekerjaan itu dianggap
sbg sesuatu yg dinilai produktif secara ekonomi? Tentu tidak! Bahkan oleh agama
sekalipun :) Agama hanya menekankan itu tindakan mulia, yg akan diganjar sama
Allah. Saya tentu tidak protes thd ini. Saya percaya sekali sama Allah yg akan
membalas segala sesuatunya dengan adil, dan kita masih dibolehkan utk protes :)

Tapi, persoalannya, "pekerjaan domestik" itu kan selama ini tidak dinilai sbg
suatu kegiatan yg produktif, apalagi dianggap berkontribusi pada perekonomian
nasional/negara. Padahal, pekerjaan domestik itu merupakan tugas negara yang
kemudian dijalankan oleh rakyatnya. Generasi muda adalah investasi negara,
bukan? Dia tidak saja menentukan bentuk piramida penduduk dlm 50-100 tahun
mendatang tapi berimplikasi ke banyak hal.

Nah, kerja produktif ini harus dihargai oleh negara dng memberikan subsidi bagi
siapapun yg mengerjakan ini (ada konsep bapak rumah tangga juga, bukan? :D
tentunya yg tidak malas2an dan mabuk2an.. tapi ya kebetulan aja dia bertugas
sbg bapak rumah tangga). Harusnya eyang mengarahkan diskusinya ke hal itu.
Bukan main lempar pertanyaan ke orang utk kesenangannya sendiri :)

Studi2 soal ini masih ada, di kalangan feminis, bahkan di negara seperti
Amerika sekalipun.

Dan ini bukan hal yg baru sih, saya udah berkali2 bilang ini di milis. Jadi
ceritanya, kaset yg diputar ulang... tapi belum rusak2 :-)

wassalam,
Herni

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Sunny" <am...@...> wrote:

> Kalau istri berpendidikan dan kaya atau sedikit berada, tentu tidak akan
> tinggal di rumah seperti "induk" semut atau lebah, tetapi giat dengan
> aktivitas di luar rumah,  misal menymbangkan tenaga dan pikiran  untuk
> pekerjaan sosial atau hal-hal yang disenangi.

Kirim email ke