Kalau dari pengalaman baca saya tentang agama-agama didunia terutama Yahudi,
Kristen, dan Islam, dan menghubungkannya dengan pertanyaan "mengapa Allah
menurunkan agama (ajaran) secara bertahap", saya berkesimpulan memang agama
Islam itu sebagai penyempurna agama sebelumnya. Garis besarnya: Yahudi adalah
ajaran yang kaku tentang hukum2 secara garis besar. Lalu Datang Kristen untuk
menyeimbangkan hukum kaku itu dengan ajaran cinta kasih yang melimpah. Isa as
datang tidak membawa syariat baru. Lalu datang Islam untuk menggabungkan
keduanya dengan harmonis dan menyempurnakan yang belum ada menjadi ada.

wassalam,